Young Lex Masuk Di Berita Internasional Soal Plagiarisme

Young Lex Masuk Di Berita Internasional Soal Plagiarisme

Young Lex Masuk Di Berita Internasional Soal PlagiarismeBerita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet.

Warga dunia maya masih ramai memperbincangkan salah satu rapper Indonesia, Young Lex. Lelaki 28 tahun itu menerima banyak kecaman dari para penggemar Kpop dan warga Tiongkok, lantaran video klip terbarunya yang mirip dengan video klip  “Lit” milik artis ternama Tiongkok, Lay Zhang.

Ramai di media sosial, berita plagiarisme tersebut pun sampai ke ‘telinga’ portal berita internasional. Beberapa portal berita populer hingga media hiburan yang khusus membahas Kpop, ramai menuliskan perkara plagiarisme tersebut.

Penasaran media mana saja yang memberitakan? Berikut penjelasan kasus serta daftarnya! Daftar Live22

Dimulai dari video musik dan trending di media sosial
Young Lex Masuk Berita Internasional Soal Plagiarisme 

Ramainya pebincangan plagiarisme yang dilakukan oleh Young Lex berawal dari dirilisnya lagu beserta musik video terbaru Young Lex yang berjudul “Raja Terakhir (The Last King)” pada Senin (8/3/2021) malam di kanal YouTubenya. Musik video tersebut memiliki alur dan visualisasinya juga seperti menjiplak musik video dari Lay Zhang yang telah rilis lebih dahulu pada Juni 2020 lalu.

Di bawah musik video tersebut tepatnya pada kolom komentar, Young Lex menuliskan “Fans K-pop otak micin akan bilang ini plagiat,” namun terkini komentar beserta dengan musik video itu pun telah dihapus. Hal itu bertambah parah kala tak dicantumkan kredit untuk Lay dan agensinya. Diketahui video musik tersebut juga dibuat untuk mempromosikan game mobile Three Kingdoms: Hero Legendaris.

Hal tersebut lantas membuat para penggemar Kpop, khususnya penggemar EXO dan Lay naik pitam. Nama Young Lex dan “Respect Zhang Yixing” menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Ramai pula tweet dan video yang menunjukkan bukti dugaan plagiarisme tersebut. Banyak warganet yang menyandingkan kedua video klip itu dan menyertakan tagar Respect Zhang Yixing.

Masuk dalam portal berita internasional
Young Lex Masuk Berita Internasional Soal Plagiarisme 

Tak hanya ramai di media sosial, portal berita internasional pun turut melaporkan tudingan plagiarisme tersebut. Media yang melaporkan perkara plagiarisme tersebut mulai dari Business times hingga Koreaboo. Dalam unggahannya artikel tersebut menjelaskan bagian-bagian dari kedua video klip tersebut yang terlihat sama dan klarifikasi Young Lex.