Varian Baru Corona Inggris Vs D614G

Varian Baru Corona Inggris Vs D614G

Radiofreemike.com – Varian Baru Corona Inggris Vs D614G saat ini sedang menjadi perbincangan hangat karena disebut-sebut 70 persen lebih menular. Jenis virus ini dikabarian merupakan varian dari mutasi D614G yang lebih dulu ada dan sudah ditemukan di Indonesia.

Varian Baru Corona Inggris Vs D614G

Singkatnya, keduanya adalah varian yang berbeda. Yang disebut-sebut varian baru virus Corona di Inggris memiliki nama resmi ‘varian B117’ dan disebut juga ‘VUI 202012/01’, singkatan dari varian under investigation dengan kode sesuai waktu ditemukannya yakni Desember 2020.

Varian ini mengalami mutasi pada bagian tertentu yang membuatnya disebut juga sebagai mutasi S N501Y. Mutasi di bagian tersebut sempat disebut-sebut menganggu pembacaan tes PCR (Polymerase Chain Reaction), tetapi para pakar memastikan tes PCR tetap bisa mendeteksinya.

Soal sifat, varian B117 atau N501Y dan varian memiliki daya penularan sekitar 70 peren lebih tinggi. Tim Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia Prof Dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM memperkirakan dalam 2 bulan ke depan, 90 persen kasus COVID-19 di Inggris akan didominasi varian ini.

Dibanding varian mutasi D614G, varian B117 dengan N501Y ini punya kesamaan yakni lebih menular tetapi tidak terbukti lebih ganas atau mematikan.

“Tidak banyak berbeda, dari sisi beratnya, dari sisi fatalitas, dari sisi bikin kematiannya, virus yang baru ini tidak lebih gawat. Namun, menjadi serius kan jumlahnya jauh lebih cepat jauh lebih banyak,” jelas Prof Zubairi dalam konferensi pers Selasa (29/12/2020).

Meski tidak lebih mematikan, kedua varian ini tetap diwaspadai karena daya penularan lebih tinggi juga berarti bisa meningkatkan jumlah kasus dan risiko kematian secara umum. Bagi rumah sakit dan pusat layanan kesehatan, ini bisa menjadi beban ekstra jika tidak diwaspadai.

Sumber : Health.detik.com