Presiden Brasil Jatuh Sakit Karena Mengidap Penyumbatan Usus

Presiden Brasil Jatuh Sakit Karena Mengidap Penyumbatan Usus

Presiden Brasil Jatuh Sakit Karena Mengidap Penyumbatan Usus

Presiden Brasil Jatuh Sakit Karena Mengidap Penyumbatan Usus – Jair Messias Bolsonaro adalah mantan perwira militer dan politikus asal Brasil  yang saat ini menjabat sebagai Presiden Brasil ke-38 sejak 1 Januari 2019. Sebelumnya, ia menjabat sebagai anggota Dewan Deputi mewakili negara bagian Rio de Janeiro sejak 1991.

Ia adalah anggota Partai Liberal Sosial (PSL). Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan dokter sedang menilai apakah dia memerlukan operasi setelah dirawat di rumah sakit dengan ketidaknyamanan perut. Bolsonaro mengatakan dalam sebuah posting Twitter.

Bahwa dia mulai merasa tidak enak badan setelah makan siang pada hari Minggu dan dirawat di rumah sakit di Sao Paulo pada pukul 3 pagi waktu setempat (6 pagi di Inggris) pada hari Senin. Presiden Brasil Jair Bolsonaro dirawat di rumah sakit karena masalah penyumbatan usus setelah jatuh sakit saat liburan.

Bolsonaro ingin mencalonkan diri lagi
Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit

Presiden sayap kanan yang mulai menjabat pada 2019 itu, berencana untuk mencalonkan diri kembali dalam pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober mendatang.

Rencana ini beredar meskipun popularitas Bolsonaro telah menurun dalam beberapa bulan terakhir, karena tanggapan pemerintahannya yang buruk terhadap pandemik dan penurunan ekonomi negara itu telah banyak dikritik. Bulan lalu Bolsonaro juga mendapat kecaman, karena tetap melanjutkan liburan pantainya saat banjir melanda negara bagian Bahia di timur laut.

Kejadian ini menewaskan sedikitnya 25 orang. Saat itu Bolsonaro memposting video dirinya sedang bermain jet ski di antara kerumunan pendukung yang bersorak.

Riwayat kesehatan Bolsonaro
Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit

BBC melaporkan bahwa Bolsonaro yang berusia 66 tahun telah dirawat di rumah sakit beberapa kali, sejak ditikam di perut pada saat kampanye presiden tahun 2018. Dalam tweet-nya, Bolsonaro mengatakan, dia mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore setelah makan siang.

Dia diterbangkan dari negara bagian selatan Santa Catarina, tempat dia berlibur, untuk segera dirawat di rumah sakit Vila Nova Star di São Paulo.

Insiden penusukan Bolsonaro
Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit

Siaran televisi menunjukkan, Bolsonaro berjalan menuruni tangga pesawat kepresidenan setelah mendarat pada Senin dini hari. Bolsonaro mengatakan, gejalanya sama dengan yang menyebabkan dia dirawat empat hari di rumah sakit pada Juli lalu.

Ia mengatakan, penusukan adalah akar penyebab masalah kesehatannya. Bolsonaro terluka parah dalam serangan tahun 2018 lalu, dan telah melakukan setidaknya empat operasi sejak itu. Namun, dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh Reuters pada Senin, dokter mengatakan kondisinya membaik, tetapi belum diketahui apakah dia akan memerlukan operasi lebih lanjut.

Seperti diketahui, gangguan usus adalah penyumbatan yang membuat makanan atau cairan melewati usus kecil atau usus besar (usus besar). Penyebab gangguan usus mungkin termasuk jaringan fibrosa (perekat) di perut yang terbentuk setelah operasi; hernia; kanker usus besar; obat-obatan tertentu; atau striktur dari usus yang meradang yang disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti penyakit Crohn atau divertikulitis.

Tanpa pengobatan, bagian usus yang tersumbat bisa mati, menyebabkan masalah serius. Namun, dengan perawatan medis yang cepat, obstruksi usus seringkali dapat berhasil diobati.