Polda Metro Jaya Berkurban Sebanyak 353 Sapi dan 564 Kambing

Polda Metro Jaya Berkurban Sebanyak 353 Sapi dan 564 Kambing

Polda Metro Jaya Berkurban Sebanyak 353 Sapi dan 564 Kambing – Kurban yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sementara itu, ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah.

Ritual kurban dilakukan pada bulan Zulhijah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (Iduladha), serta 11, 12, dan 13 (hari Tasyrik). Polda Metro Jaya berkurban sebanyak 353 sapi dan 564 kambing pada Idul Adha 1442 Hijriyah.

Daging kurban ini nantinya akan dibagikan kepada warga DKI Jakarta yang terdampak pandemik COVID-19. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya akan membagikan apk idn poker daging yang sudah dimasak. Oleh karena itu, Polda Metro menggandeng rumah makan Padang untuk mengolah 8 ton daging kurban untuk dijadikan rendang.

1. Polda Metro gandeng 10 restoran rumah makan Padang
Polda Metro Gandeng Rumah Makan Padang Olah 8 Ton Daging Kurban

Fadil menjelaskan, setidaknya ada 10 restoran rumah makan Padang menengah ke bawah yang diajak untuk memasak daging kurban menjadi rendang. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemik COVID-19.

“Restoran Padang yang menengah ke bawah bukan yang besar, jadi yang buka di kampung-kampung seperti warteg, para Kapolres yang menentukan tapi juga diinisiasikan oleh Mak Ciak, Mak Ciak ini adalah salah satu pengusaha restoran Padang yang memiliki jaringan,” ujarnya.

2. Setiap warga yang menerima, akan mendapatkan 800 gram daging rendang dan 5 kilogram beras
Tata Cara dan Doa Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Ajaran Islam

Sore ini, Polda Metro akan membagikan daging yang sudah masak bersama lima kilogram beras bantuan dari pemerintah. Harapannya, daging kurban dan paket bantuan sosial ini akan membatu warga  yang membutuhkan.

“Ini kami olah nanti sore jam 3 kalau sudah masak 8 ton akan kami packing seperti ini, ini isinya 800 gram rendang, sekaligus nanti bersama beras pembagian dari pemerintah yang diperintahkan oleh bapak presiden, setiap masyarakat 5 kg (beras) yang kemarin sudah kita bagi,” ujar Fadil.

3. Daging kurban dan beras akan dibagikan dari pintu ke pintu
Inilah Empat Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik - Unair News

Selain masyarakat umum, Polda Metro juga menargetkan warga DKI Jakarta yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman). Nantinya, personel dari Polda Metro akan membagikan dari pintu ke pintu untuk mengurangi kontak fisik.

“Jadi ibadah jalan, protokol kesehatan jalan, kemudian dampak ekonominya kepada UMKM restoran Padang juga bisa didapatkan, penjualan rempah-rempah dan bumbu ini juga kan di pasar-pasar rakyat, saya kira luar biasa ini pemikiran para anggota Polda Metro yang membantu konsep ini dan saya sangat mendukung ini,” kata Fadil.

Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabiin, tabiut-tabiin, dan ahli fikih (fuqaha) menyatakan bahwa hukum kurban adalah sunah muakad (utama), dan tidak ada seorangpun yang menyatakan wajib, kecuali Abu Hanifah (tabiin). Ibnu Hazm menyatakan: “Tidak ada seorang sahabat Nabi pun yang menyatakan bahwa kurban itu wajib.

Mereka hanya berbeda pendapat tentang menyembelih kurban pada malam hari. Pendapat yang kuat (rajih) adalah diperbolehkan, karena tidak ada dalil khusus yang melarangnya. Ini adalah tarjih Ibnu Utsaimin dalam Asy-Syarhul Mumti’ (3/413) dan fatwa Al-Lajnah Ad-Da`imah (11/395, no. fatwa 9525). Yang dimakruhkan adalah tindakan-tindakan yang mengurangi sisi keafdhalannya, seperti kurang terkoordinasi pembagian dagingnya, dagingnya kurang segar, atau tidak dibagikan sama sekali. Adapun penyembelihannya tidak mengapa.