Polandia Membuka Sekolah Kembali Sejak Kasus COVID-19 Turun

Polandia Membuka Sekolah Kembali Sejak Kasus COVID-19 Turun

Polandia Membuka Sekolah Kembali Sejak Kasus COVID-19 Turun – Total kasus virus corona di Polandia melampaui angka dua juta, setelah negara itu melaporkan hampir 26.000 infeksi baru. Menurut Kementerian Kesehatan Polandia, sebanyak 25.998 orang dinyatakan positif Covid-19 dan sekitar 419 orang meninggal dalam 24 jam terakhir. Jumlah kematian akibat Covid-19 di negara berpenduduk 38 juta itu mencapai 48.807 orang.

Murid-murid yang duduk di tiga tingkat awal Sekolah Dasar Polandia diharapkan bisa kembali bersekolah pada 4 Mei mendatang. Diumumkan Menteri Pendidikan Adam Niedzielski pada Rabu waktu setempat (28/4/2021), ini disebut sebagai bentuk pelonggaran pembatasan setelah angka infeksi harian di negara tersebut menurun.

“Saya rasa mulai Selasa depan, 4 Mei, anak-anak dari kelas 1-3 akan kembali ke sekolah. Namun muncul satu pertanyaan yang akan segera kami cari jalan keluarnya, yakni apakah kebijakan ini akan dilakukan secara serentak, atau apakah beberapa wilayah akan melakukan Daftar Club388 hybrid teaching (luring dan daring),” ungkap Niedzielski seperti dilansir Reuters.

1. Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, mengumumkan pelonggaran lockdown berlaku mulai awal Mei
Kasus Harian COVID-19 Turun, Polandia Buka Sekolah Dasar Mulai 4 Mei

Lebih jauh, pemerintah juga mengizinkan tempat-tempat non-esensial untuk kembali beroperasi. “Mulai 1 Mei, kami akan mengizinkan aktivitas olahraga di luar rumah dan di dalam ruangan. Lalu pada 4 Mei giliran pusat perbelanjaan, toko elektronik, dan fasilitas ritel yang dibuka,” kata Perdana Menteri Mateusz Morawiecki dalam sesi konferensi pers di Warsawa pada Rabu kemarin, seperti dikutip ANI News.

Lalu di tanggal 8 Mei, hotel diizinkan menerima tamu. Pada kemudian restoran akan melayani dine-in per 15 Mei, namun hanya untuk yang menyediakan kursi dan meja di area halaman. Sebelumnya pada Senin silam (26/4/2021), salon kecantikan di sebagian besar wilayah Polandia sudah melayani pelanggan.

2. Sejumlah fasilitas umum dan non-esensial ditutup sejak pertengahan Maret menyusul gelombang ketiga pandemik
Kasus Harian COVID-19 Turun, Polandia Buka Sekolah Dasar Mulai 4 Mei

Dilepasnya sejumlah aturan lockdown ditempuh seiring kurva gelombang ketiga pandemik COVID-19 telah menukik sejak awal April. Negara berpenduduk 38 juta jiwa itu sempat membatasi aktivitas warganya sejak pertengahan Maret, atau saat angka konfirmasi kasus harian mencapai lebih dari 20 ribu per hari.

Dilansir Emerging Europe, beberapa tempat yang dilarang beroperasi pada pekan-pekan awal lockdown antara lain sekolah, hotel, mall, teater, kafe, bar dan bioskop. Menginjak akhir Maret, giliran fasilitas non-esensial yang ditutup yakni taman, tempat wisata, pusat kebugaran, salon rambut/kecantikan serta taman kanak-kanak.

3. Angka konfirmasi kasus harian di Polandia menurun drastis sejak awal April
Kasus Harian COVID-19 Turun, Polandia Buka Sekolah Dasar Mulai 4 Mei

Menurut data Coronavirus Resource Center JHU, per Kamis 29 April 2021, jumlah total kasus infeksi COVID-19 di Polandia mencapai 2,7 juta (terbanyak ke-13 di seluruh dunia). Jumlah kesembuhan yang dilaporkan adalah 2,4 juta, atau 87, 5 persen.

Sementara itu, angka kematian akibat virus tersebut berada di level 66.533 orang, tertinggi ke-13 di seluruh dunia dan ketujuh di Eropa. Pada Rabu kemarin (28/4/2021), otoritas kesehatan Polandia melaporkan ada 5.711 pasien baru yang terinfeksi. Ini jauh menurun ketimbang puncak gelombang ketiga pada awal April lalu, di mana konfirmasi kasus harian mencapai 30 ribu.