Peristiwa Badai Mematikan yang Terjadi di Vancouver Kanada

Peristiwa Badai Mematikan yang Terjadi di Vancouver Kanada

Peristiwa Badai Mematikan yang Terjadi di Vancouver Kanada – Badai mematikan menghantam sekitar Vancouver, yang disebut para pejabat sebagai cuaca badai terburuk dalam satu abad. Melansir BBC, dua jalan raya yang menghubungkan kota West Coast ditutup setelah rusak akibat badai dahsyat yang mendatangkan banjir parah.

Ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena badai dahsyat yang melanda. Seorang wanita tewas dalam tanah longsor di jalan raya, dan tim penyelamat mengatakan setidaknya 2 orang lainnya hilang.

Peristiwa badai mematikan yang terjadi di Vancouver, Kanada waktu setempat menyebabkan 1 orang wanita dilaporkan tewas akibat tanah longsor di sekitar jalan raya setempat. Badai tersebut diklaim merupakan badai yang terjadi sekali dalam seabad.

1. Pihak berwenang setempat menyatakan belum mengetahui jumlah kendaraan yang hilang akibat bencana tersebut

Dilansir dariĀ BBC, badai mematikan tersebut diketahui telah memutuskan jalan penghubung serta rel kereta api di sekitar Vancouver, Kanada. Dua jalan raya yang menghubungkan kota West Coast ditutup setelah mengalami kerusakan akibat banjir parah.

Ribuan warga setempat terpaksa meninggalkan rumah mereka masing-masing karena badai yang begitu besar. Seorang wanita dilaporkan tewas dalam tanah longsor di jalan raya dan tim penyelamat mengatakan setidaknya 2 orang lainnya juga dilaporkan hilang.

Mayat wanita tersebut ditemukan di dekat wilayah Lillooet, sekitar 250 km dari Vancouver. Pihak berwenang setempat melalui Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan bahwa penyelamat belum menentukan jumlah kendaraan yang hilang dalam bencana ini.

Salah seorang pengemudi kendaraan di lokasi sekitar mengatakan dia telah melihat bencana tanah longsor menimpa jalanan yang sudah macet di selatan Lillooet.

2. Menteri Keselamatan Publik Kanada menilai badai tersebut dikaitkan dengan perubahan iklim
Badai Mematikan di Vancouver, Seorang Tewas

Menteri Transportasi Provinsi setempat, Rob Fleming mengatakan melalui konferensi pers bahwa itu adalah badai cuaca terburuk dalam satu abad terakhir.

Lain halnya dengan Menteri Keselamatan Publik Kanada, Mike Farnworth, mengatakan dia tidak ragu bahwa badai tersebut terkait dengan perubahan iklim.

Ribuan rumah di British Columbia dievakuasi setelah “sungai atmosfer”, jalur panjang uap air di atmosfer yang mengangkut air dari daerah tropis menuju kutub, membuang rata-rata curah hujan bulanan di kawasan itu hanya dalam waktu 24 jam.

Sebanyak 7.000 warga di wilayah Merritt diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka ke tempat yang lebih aman.

Salju juga turun di wilayah tersebut pada Selasa waktu setempat dan mobil terlihat mengambang di sekitar air banjir es.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, merasa sangat prihatin dengan situasi yang terjadi di British Columbia saat ini serta apa yang dialami ratusan keluarga dan ribuan orang yang terkena dampak di seluruh provinsi setempat.

Banjir tersebut datang beberapa bulan setelah kebakaran hutan melanda provinsi itu di tengah gelombang panas musim panas lalu.

3. Akibat badai tersebut, sebagian warga di AS mengalami pemadaman listrik
Badai Mematikan di Vancouver, Seorang Tewas

Di seberang perbatasan di Amerika Serikat, lebih dari 50 ribu pelanggan listrik di Negara Bagian Washington, D.C, mengalami pemadaman listrik pada Selasa waktu setempat.

Beberapa sekolah di sekitar kota perbatasan Bellingham juga ditutup. Di kota Ferndale, Npara pejabat mendesak warga setempat untuk mengungsi dari daerah dekat Sungai Nooksack yang naik, yang mereka khawatirkan dapat menembus tanggul.

Gubernur Washington, D.C, Jay Inslee, mengumumkan status keadaan darurat cuaca buruk di 14 kabupaten. Ini merupakan peristiwa bencana skala besar kedua yang terjadi di AS dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah peristiwa kebakaran hutan yang memusnahkan seluruh kota selama musim panas.

Pada satu titik, rute darat utama yang tersedia dari Vancouver adalah memasuki AS dan kemudian kembali ke Kanada. Namun, untuk memasuki kembali Kanada dari AS memerlukan hasil tes negatif COVID-19 serta beberapa jalan di Negara Bagian Washington D.C juga terkena dampak badai.

Dampak perubahan iklim terhadap frekuensi badai masih belum jelas, tetapi perlu diketahui bahwa peningkatan suhu permukaan laut menghangatkan udara di atas dan membuat lebih banyak energi tersedia untuk mendorong adanya angin topan.

Akibatnya, mereka cenderung lebih intens dengan curah hujan yang lebih ekstrim. Suhu di bumi saat ini sudah menghangat sekitar 1,2 derajat Celcius sejak era industri dimulai dan suhu akan terus mengalami peningkatan kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

Mayat wanita itu ditemukan di dekat Lillooet, sekitar 250 km (155 mil) dari Vancouver, menurut Royal Canadian Mounted Police (RCMP). Sersan RCMP Janelle Shoihet mengatakan bahwa penyelamat belum menentukan jumlah “kendaraan yang hilang dalam longsoran”, menurut kantor berita AFP.