Pemerintah Bolivia Memecat Duta Besarnya Untuk Paraguay

Pemerintah Bolivia Memecat Duta Besarnya Untuk Paraguay

Pemerintah Bolivia Memecat Duta Besarnya Untuk Paraguay – Bolivia, atau secara resminya Negara Plurinasional Bolivia adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di barat.

Di antara negara-negara di Amerika Selatan, wilayah Bolivia merupakan yang tertinggi dan terpencil.  Negara ini adalah salah satu penghasil koka dan  timah terbesar di dunia. Pemerintah Bolivia telah memanggil dan memecat dubes untuk Paraguay bernama Mario Cronenbold.

Hal ini setelah Cronenbold membuat video kontroversil dalam akun TikTok-nya yang dianggap menyinggung warga Guarani di Paraguay. Sebelum menjadi seorang perwakilan Bolivia di Paraguay, Cronenbold pernah mencalonkan sebagai Gubernur Santa Cruz dari Partai MAS (Movimiento al Socialismo). Namun, ia diketahui kalah dari Luis Fernando Camacho.

1. Mario Cronenbold dipanggil lantaran terbukti mengunggah video kontroversial

Pemanggilan Mario Cronenbold ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Bolivia Rogelio Mayta lantaran memintanya menjelaskan insiden yang menimpanya di Paraguay. Menyusul pemanggilan ini, ia diketahui sudah dipecat secara resmi dari jabatannya sejak 1 November 2021.

Keputusan ini dilakukan setelah Pemerintah Bolivia melakukan evaluasi video pendek di akun TikTok miliknya dan ia dinyatakan bersalah atas kasus tersebut. Bahkan, video tersebut telah membuat marah publik Paraguay dan mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Di sisi lain, Pemerintah Bolivia menegaskan bahwa insiden itu tidak akan berdampak pada hubungan diplomatik dengan Paraguay. Pasalnya, hubungan kedua negara tengah dalam tahap tinggi terkait Kabinet Kementerian Binasional Bolivia Paraguay untuk kepengurusan tahun 2022, dikutip dari The Rio Times.

2. Menyinggung dengan membuat video pendek Bahasa Guarani

Dikutip dari El Deber, permasalahan ini bermula ketika Cronenbold mengunggah video pendek kontroversial di akun TikTok pribadinya. Sesuai dalam video itu, ia sedang membawa secangkir terere dan mengubah gaya bahasanya dengan logat Guarani, yang merupakan bahasa asli di Paraguay.

Video itu telah membuat marah seluruh publik dan otoritas Paraguay, termasuk diplomat Paraguay dan perwakilan Forum Masa Depan Demokrasi Amerika, Carlos Bado. Bahkan, ia menyebut bahwa Dubes Bolivia itu mengungkapkan guyonan xenophobic dan memintanya kembali ke negara asalnya.

Parlemen Paraguay juga sudah memberikan persona non grata kepada Cronenbold sejak September lalu. Pemberian itu diberikan sehari setelah videonya terbesar di seluruh masyarakat dan anggota pemerintahan Paraguay, dikutip dari Mercopress.

3. Cronenbold telah meminta maaf atas perbuatannya

Pada Jumat (5/11/2021) Cronenbold telah mengungkapkan permintaan maafnya di akun Twitternya. Ia juga mengungkapkan bila video itu hanya tidak bermaksud menghina, tapi hanya mengambil sisi baik dari seluruh masyarakat Paraguay.

“Saya meminta maaf kepada semua orang yang merasa tersinggung soal video yang sangat unggah. Saya berasal dari Santa Cruz yang merupakan kota saudara Paraguay dan di sana banyak penduduk yang bisa berbahasa Guarani” ungkap Cronenbold.

Akan tetapi, permintaan maaf itu tidak cukup bagi Parlemen Paraguay dan menganggapnya telah merusak nilai-nilai budaya di Paraguay. Bahkan, ia dianggap telah menghina bahasa nasional di negara tetanggai Bolivia itu, dilaporkan dari laman Mercopress.

Negara Bolivia didirikan dengan nama “República Bolívar” untuk menghormati pendirinya Simón Bolívar. Analogi yang digunakan dalam pemberian nama itu adalah: “Romulus menurunkan nama Roma, sedangkan Christopher Columbus menurunkan Kolombia, dan Bolívar menurunkan Bolivia. Bagian nama yang dipentingkan untuk diabadikan tampaknya adalah nama marga.

Bolivia adalah koloni Spanyol dahulunya. Pertambangan perak di Bolivia memberi berkah pada keuangan Spanyol, dan Spanyol mempekerjakan orang Bolivia sebagai budak untuk bekerja di pertambangan. Setelah banyak perang, Simon Bolivar membantu Bolivia menjadi negara merdeka.