Negara Argentina Akan Membangun Taman Nasional Terbesar

Negara Argentina Akan Membangun Taman Nasional Terbesar

Negara Argentina Akan Membangun Taman Nasional Terbesar – Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Republik Argentina (bahasa Spanyol: República Argentina), lebih dikenal sebagai Argentina, merupakan negara Amerika Latin terbesar kedua dan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Argentina terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Pemerintah Argentina berencana untuk membuat sebuah taman nasional yang diperuntukkan bagi berbagai spesies endemik termasuk burung flamingo. Taman nasional baru tersebut akan dibangun di Danau Mar Chiquita yang merupakan danau terbesar di Argentina.

Taman nasional merupakan kawasan yang dilindungi (protected area) oleh World Conservation Union Kategori II. Taman nasional terbesar adalah Taman Nasional Greenland Timur Laut, yang didirikan sejak tahun 1974. Pendirian taman nasional ini dimaksukan untuk Club388 Indonesia membangun ekoturisme dan ekonomi setempat serta diharapkan dapat mengembalikan populasi flora dan fauna yang terus berkurang selama beberapa tahun belakangan.

1. Taman Nasional didirikan di Danau Mar Chiquita, Cordoba
Argentina Akan Bangun Taman Nasional Terbesar

Pada hari Sabtu (08/05/2021) Menteri Lingkungan Argentina Juan Cabandié dan walikota Miramar mengumumkan apabila akan membangun Taman Nasional Ansenuza Baru yang berlokasi di Provinsi Cordoba. Nantinya taman nasional akan meliputi permukaan air Danau Mar Chiquita atau Mar de Ansenuza yang diketahui sebagai danau terbesar di Argentina dan danau kelima terbesar di Amerika Selatan, dilansir dari Infobae.

Taman Nasional Ansenuza Baru ini nantinya akan meliputi Danau Mar Chiquita dan Sungai Dulce yang merupakan area lahan basah. Dilansir dari Swiss Info, nantinya taman nasional ini akan menjadi area proteksi ketiga di Cordoba setelah Taman Nasional Quebrada del Condorito and Traslasierra.

2. Meliputi area sangat luas dengan ekosistem beragam
Argentina Akan Bangun Taman Nasional Terbesar
Taman nasional akan menghadirkan ekosistem kompleks lantaran meliputi area lingkungan yang sangat beragam. Ekosistem di area tersebut meliputi danau air asin, punggung sungai, danau sementara dan permanen, pantai berlumpur, area semak-semak, hutan spinal, dataran garam, sabana banjir.

Maka dari itu, lingkungan ini akan membuat unit yang saling tersambung dan diketahui sebagai zona yang sangat kaya akan nilai ekologi, pemandangan, ekonomi, kebudayaan, ilmiah dan rekreasional. Bahkan area konservasi tersebut memiliki luas 900 ribu hektare dan disebut sebagai taman nasional terbesar di Argentina, dikutip dari Infobae.

3. Taman nasional dikhususkan bagi spesies binatang air

Area ekosistem ini dihuni berbagai flora dan fauna endemik dan menjadi rumah bagi 400 spesies binatang termasuk di antaranya berang-berang dan serigala manned. Bahkan dihuni lebih dari 250 spesies burung dan pada lahan basah kerap terlihat burung flamingo merah muda, camar, bebek dan berbagai spesies burung air lainnya.

Menurut Greenpeace, lahan basah di Cordoba tersebut diketahui menjadi penyedia makanan dan air untuk kelangsungan biodiversitas, keseimbangan iklim dan penjernih udara, serta pendaur ulang nutirisi dan formasi tanah.

Di sisi lain, 21 persen dari teritori Argentina berupa area lahan basah sehingga penting untuk memiliki area konservasi lahan basah yang dilindungi hukum, dikutip dari Ambito.