Menkes Melakukan Penelusuran Kontak Erat Bagi Pasien Omicron

Menkes Melakukan Penelusuran Kontak Erat Bagi Pasien Omicron

Menkes Melakukan Penelusuran Kontak Erat Bagi Pasien Omicron – Penelusuran kontak erat (tracing) dari tiga pasien yang terinfeksi virus Covid-19 varian Omicron dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sejauh ini sudah ada 250 orang yang diperiksa. “Mungkin sudah ada 250 orang ya total yang di-tracing dari ketiga kasus Omicron ini,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Senin (20/12/2021).

Nadia juga belum merinci berapa jumlah kasus positif Covid-19 dari tracing yang sejauh ini telah dilakukan. Nadia hanya menegaskan bahwa apabila ditemukan kasus Covid-19, maka sampel yang bersangkutan akan segera dikirim ke Balitbangkes Kemenkes untuk diperiksa menggunakan metode Whole Genome Sequences (WGS).

“Hasilnya 60 spesimen positif, dan saat ini diperiksa untuk genome sequences (Whole Genome Sequences ),” ujar Nadia saat dihubungi download aplikasi idn play, Senin (20/12/2021).

1. Sebanyak 60 spesimen masih dalam proses pemeriksaan
Kemenkes Periksa 250 Kontak Erat Pasien Omicron, 60 Positif 

Nadia menegaskan 60 orang yang positif COVID-19 tersebut belum bisa dipastikan probable Omicron, sebab masih proses pemeriksaan WGS di Balitbangkes.

“PCR positif tetapi PCR kan belum bisa menentukan variannya jika tidak diperiksa dengan genome sequences,” katanya.

2. Hasil WGS 3 kasus probable belum keluar
Kemenkes Periksa 250 Kontak Erat Pasien Omicron, 60 Positif 

Nadia menambahkan pemerintah juga masih menunggu hasil WGS dari tiga WNA China probable Omicron varian omicron yang tengah menjalani masa karantina di Manado.

Sementara kasus pertama diduga berasal dari warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Nigeria pada 27 November 2021 dinyatakan negatif COVID-19.

“WNI Nigeria tetap masih probable karena saat ini pemeriksaannya sudah menjadi negatif,” imbuh Nadia.

3. Menkes imbau masyarakat jangan pergi ke luar negeri
Kemenkes Periksa 250 Kontak Erat Pasien Omicron, 60 Positif 

Diketahui Kementerian Kesehatan menemukan satu pasien terkonfirmasi varian Omicron yang merupakan pekerja pembersih dari Rumah Sakit Wisma Atlet. Kasus positif Omicron ini terdeteksi pada 15 Desember 2021. Selain satu kasus positif, Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta agar masyarakat mematuhi protolol kesehatan dan tidak bepergian ke luar negeri.

“Terutama pakai masker dan jaga jarak, pastikan jangan berkerumun dalam acara banyak orang. Tolong dipastikan kurangi perjalanan ke Luar Negeri yang tidak penting,” imbau Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).