Longsor Hebat Terjadi di Kawasan Kinnaur Bagian Utara India

Longsor Hebat Terjadi di Kawasan Kinnaur Bagian Utara India

Longsor Hebat Terjadi di Kawasan Kinnaur Bagian Utara India – Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu.

Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Longsor terjadi di wilayah Kinnaur, negara bagian Himachal Pradesh, sebuah wilayah paling utara di India yang memiliki lanskap pegunungan terjal.

Batu-batu longsor dari pegunungan dan menghantam kendaraan yang melintas idn poker ios di jalanan. Sejauh ini korban jiwa yang tercatat sebanyak 13 orang. Puluhan orang lainnya berada di dalam kendaraan yang terhantam longsoran, masih terjebak. Operasi penyelamatan terus dilakukan dan berharap masih bisa menemukan orang yang selamat.

1. Sebanyak 13 mayat ditemukan dalam operasi penyelamatan dua hari

Kendaraan-kendaraan yang melintas dari Reckong Peo ke Haridwar melalui Shimla, beberapa di antaranya mengalami musibah setelah batu-batu dan tanah berlongsoran dari lereng gunung ke arah jalanan. Salah satu bus Himachal Road Transport Corporation (HRTC), yang bersama dengan kendaraan lain, terkubur di bawah puing-puing.

Melansir laman India, sebanyak 13 mayat telah berhasil ditemukan oleh tim tanggap darurat (NDRF), yang bekerja sama dengan polisi perbatasan Indo-Tibet (ITBP), polisi lokal dan petugas penyelamat lain.

Operasi penyelamatan diluncurkan sampai hari Rabu malam sekitar pukul 10 waktu setempat. Pencarian korban dilanjutkan pada Kamis pagi dan berharap bisa terus dilanjutkan hingga malam hari.

Pada hari Rabu, sebanyak 10 mayat ditemukan dan dan 13 orang lainnya dapat diselamatkan dengan luka-luka ditubuhnya. Pada hari Kamis, tiga mayat berhasil ditemukan dan tim penyelamat masih terus melakukan pencarian.

2. Lebih dari 20 orang masih terjebak

Dalam beberapa bulan terakhir, India mengalami musim hujan yang luar biasa hebat. Namun hujan yang lebat telah memicu beberapa bencana seperti tanah longsor dan banjir yang mematikan.

Dalam sebulan terakhir, India telah mencatat belasan kematian akibat tanah longsor yang dipicu oleh curah hujan yang tinggi. Menurut CNN, pada Juli, setidaknya 31 orang tewas dalam dua tanah longsor di Mumbai.

Namun dalam longsor kali ini, tidak ada hujan lebat atau cuaca buruk. Longsor kali ini adalah jatuhnya batu-batu di lereng pegunungan yang cukup tinggi, sedangkan di bawahnya terbentang jalan raya yang menghubungkan India utara dengan perbatasan China.

Melansir laman BBC, lebih dari 200 personel terus bekerja di sepanjang bentangan jalan raya. Abid Hussain Sadiq, pejabat setempat mengatakan “kami berharap operasi penyelamatan berlanjut sepanjang malam, atau lebih lama (lagi),” katanya pada Rabu.

Saju Ram Rana, kepala polisi setempat juga menjelaskan bahwa “puing-puing (longsor) itu jatuh dari ketinggian yang cukup tinggi,” katanya.

3. Para korban akan mendapatkan bantuan dari pemerintah

Sebuah bus, truk, dan dua mobil hancur dalam insiden longsor di Kinnaur. Bus HRTC yang ditemukan juga dalam kondisi yang remuk redam. Longsor yang menyapu kendaraan yang melintas itu menjadi salah satu tragedi yang mematikan. Selain tim penyelamat yang terdiri dari tim tanggap darurat, paramiliter dan polisi, dikerahkan pula empat alat pengangkut tanah untuk membersihkan puing-puing longsor.

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dalam unggahan media sosialnya, bahwa longsor tersebut sangat memilukan. Dia mengungkapkan belasungkawa untuk keluarga yang kehilangan nyawa. “Operasi penyelamatan sedang berlangsung dan segala kemungkinan sedang dilakukan untuk membantu mereka yang masih terjebak,” kata Narendra Modi.

Pemerintah India menjanjikan uang santunan untuk korban yang meninggal sebanyak 2 lakh atau sekitar Rp38,7 juta. Kepada mereka yang terluka, pemerintah India juga menjanjikan akan memberikan uang 50 ribu rupee atau sekitar Rp9,6 juta.

Longsor biasanya terjadi begitu cepat sehingga evakuasi sulit dilakukan. Material longsor menimbun apa saja yang berada di jalur longsoran. Ketika ada suara gemuruh, segera evakuasi dan jauhi arah datangnya longsoran. Hindari wilayah longsor karena kondisi tanahnya labil. Apabila hujan turun setelah longsor terjadi, antisipasi longsor susulan.