Kim Jong Un yang Terlihat Lebih Kurus Membuat Warganya Sedih

Kim Jong Un yang Terlihat Lebih Kurus Membuat Warganya Sedih

Kim Jong Un yang Terlihat Lebih Kurus Membuat Warganya Sedih – Kim Jong-un adalah Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, atau yang lebih dikenal dengan Korea Utara. Ia adalah putra Kim Jong-il (1941–2011) dan cucu dari Kim Il-sung (1912–1994). Sebelum menjadi pemimpin Korea Utara, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pertama Partai Buruh Korea, Ketua Pertama Komisi Militer Sentral, Panglima Tertinggi Tentara Rakyat Korea, dan anggota presidium Politbiro Partai Buruh Korea.

Beliau secara resmi dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara setelah  pemakaman kenegaraan ayahnya pada tanggal 28 Desember 2011. Kim Jong-un adalah putra ketiga sekaligus putra bungsu Kim Jong-il dengan salah seorang istrinya, Ko Young-hee. Warga Korea Utara dilaporkan khawatir dan gelisah dengan situasi terkini Kim Jong Un yang terlihat mengalami penurunan berat badan.

Pernyataan itu disampaikan oleh seorang warga IDNPoker Pyongyang yang tidak ingin disebutkan namanya kepada media. “Melihat Sekjen (Kim Jong Un) yang disegani tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kami. Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka menggenang,” kata lelaki itu dalam wawancara yang disiarkan televisi KRT, dikutip dari Channel News Asia.

1. Isu kesehatan mencuat setelah analis asing melihat pergelangan tangan kim lebih ramping
Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah 

Komentar publik yang jarang tentang kesehatan Kim muncul setelah analis asing, pada awal Juni, mencatat bahwa pemimpin berusia 37 tahun itu kehilangan banyak berat badan.

Melalui klip yang ditayangkan KRT, terlihat warga Pyongyang sedang menonton konser layar lebar di jalan yang dihadiri oleh Kim dan pejabat partai lainnya. Acara tersebut berlangsung setelah rapat pleno Partai Pekerja Korea.

Sayangnya, media asing seperti Reuters gagal melakukan verifikasi independen. Siaran KRT juga tidak memberi rincian penyebab Kim kehilangan berat badan.

2. Warga takut dengan ketidakpastian pasca kepemimpinan Kim Jong Un
Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah 

Spekulasi mengenai kesehatan Kim mencuat setelah dia tidak terlihat di hadapan publik selama hampir satu bulan. Laman daring yang berbasis di Seoul mencatat, arloji yang dikenakan oleh Kim diikat lebih erat karena pergelangan tangannya kini lebih ramping.

Kesehatan Kim juga menjadi sorotan mata-mata dan media asing karena cengkeraman kekuasaannya atas Korea Utara. Di sisi lain, belum ada kepastian siapa sosok yang akan menggantikannya dan agenda apa yang akan diusungnya demi Korea Utara.

3. Kim Jong Un pernah dikabarkan meninggal dunia tahun lalu
Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah 

Isu kesehatan santer dikaitkan kepada Kim sejak dia melewatkan perayaan ulang tahun pendiri negeri Kim Il sung pada 15 April. Dia baru muncul kembali di depan umum pada awal Mei.

Tahun lalu, Kim juga pernah dikabarkan meninggal dunia setelah tidak tampil di hadapan publik selama beberapa minggu pada April 2020. Pada saat itu, operasi kardiovaskular Kim dikabarkan gagal sehingga dia harus dirawat dalam kondisi vegetatif sampai meninggal dunia.

Pangkatnya dipromosikan menjadi Marsekal Tentara Rakyat Korea pada tanggal 18 Juli 2012, yang mengukuhkan posisinya sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata. Kim telah meraih dua gelar, yakni di bidang fisika  dari Universitas Kim Il-sung, dan satu lagi sebagai perwira angkatan bersenjata dari Universitas Militer Kim Il-sung. Berusia 38 tahun, ia adalah kepala negara termuda di dunia pada saat mulai menjabat.