Kapolda-Pangdam Ditantang Presiden Capai Target Vaksinasi

Kapolda-Pangdam Ditantang Presiden Capai Target Vaksinasi

Kapolda-Pangdam Ditantang Presiden Capai Target Vaksinasi – Program vaksinasi di Indonesia akan semakin dikebut dari yang mulanya hanya 500 ribu dosis per hari akan dinaikkan menjadi 1 juta dosis per hari. Hal ini sejalan dengan pasokan vaksin yang makin bertambah dan target realisasi vaksinasi yang masih jauh tercapai.

Program vaksinasi saat ini masih terus berjalan demi mencapai mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity untuk melawan pandemi Covid-19. Presiden Joko “Jokowi” Widodo meninjau proses vaksinasi di Mabes Polri dan Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu (26/6/2021). Dalam peninjauan vaksinasi tersebut, Jokowi menantang para Kapolda dan Pangdam untuk mempercepat program vaksinasi.

Salah satu yang diberi tantangan oleh Jokowi adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi. Sebelum ditantang, Luthfi melaporkan IDNPoker kepada Jokowi bahwa hari ini telah dilakukan vaksinasi sebanyak 141 ribu yang dilakukan di 340 titik.

1. Jokowi minta Kapolda Jawa Tengah perbanyak vaksinasi dua kali lipat
Jokowi Tantang Kapolda-Pangdam Capai Target 1 Juta Vaksinasi per Hari 

Mendengar laporan dari Lutfhi, Jokowi pun menantangnya agar memperbanyak proses vaksinasi di Jawa Tengah. Jokowi ingin ke depannya proses vaksinasi bisa dua kali lipat lebih banyak dari hari ini.

“141 ribu dalam satu hari. Kalau ditingkatkan jadi dua kali bisa gak?” tanya Jokowi pada Kapolda Jawa Tengah itu.

Mendapatkan tantangan dari orang nomor satu di Indonesia itu, Lutfhi pun tak ragu langsung menyanggupinya. “Sanggup Bapak,” jawab Lutfhi tegas.

2. Jokowi tantang Pangdam V Brawijaya untuk laksanakan vaksinasi dua kali lipat

Catat, Ini Tempat dan Jadwal Vaksinasi Massal di Bandung - Bagian 1

Selanjutnya, Jokowi memberikan tantangan pada Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. Jokowi ingin program vaksinasi di Jawa Timur bisa meningkat dua kali lipat ke depannya.

“Ini kan 209 ribu, kalau saya siapkan vaksin 400 ribu sanggup gak menghabiskan?” Jokowi bertanya pada Suharyanto.

Mendengar tantangan dari Jokowi, Suharyanto pun menyanggupinya.

“Sanggup Bapak. Kami menunggu tambahan vaksin untuk Jawa Timur. Kami akan melaksanakan secepat mungkin Bapak. Sehingga target 1 juta vaksin dan dua juta vaksin bisa terealisasi,” jawab Suharyanto.

“Yakin sanggup?” tanya Jokowi lagi.

“Siap, yakin Bapak,” tegas Suharyanto.

3. Jokowi sebut program 1 juta vaksinasi per hari dimulai hari ini
Daftar Rumah Sakit Yogyakarta yang Layani Vaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya  - Tribunnews.com Mobile

Jokowi menuturkan, hari ini memang dilakukan vaksinasi serentak di seluruh Polda dan Kodam. Proses vaksinasi yang dilakukan TNI-Polri itu juga bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Dengan adanya proses vaksinasi yang dilakukan serentak di Polda dan Kodam ini, Jokowi mengatakan bahwa program 1 juta vaksinasi per hari dimulai hari ini.

“Saya berharap dimulai hari ini target 1 juta vaksin untuk seluruh Indonesia betul-betul kita jaga sampai nantinya bulan Juli,” kata Jokowi

Terkait proses vaksinasi yang dilakukan serentak hari ini, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang membantu sukseskan program 1 juta vaksinasi per hari.

“Seluruh pimpinan daerah, kapolda, pangdam, gubernur, wali kota, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada acara vaksinasi massal pada pagi hari ini yang dikerjakan secara serentak di seluruh Polda dan di seluruh Kodam, dan bekerja sama dengan Pemda,” ujarnya.

Menurutnya agar herd immunity bisa segera tercapai, vaksinasi akan ditargetkan 1 juta dosis per hari. Diperkirakan, pertengahan Juni target tersebut bisa tercapai.

“Untuk sampai Desember, kita minimal 1,3 juta (target vaksinasi),” ungkapnya.