Juliari Batubara Jalani Hukuman Penjara di Lapas Tangerang

Juliari Batubara Jalani Hukuman Penjara di Lapas Tangerang

Juliari Batubara Jalani Hukuman Penjara di Lapas Tangerang – KPK mengeksekusi putusan 12 tahun penjara untuk mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara. Terpidana kasus suap itu akan menghuni salah satu sel di Lapas Kelas I Tangerang.

Selain itu, ada pidana tambahan untuk Juliari, yaitu uang pengganti Rp 14,5 miliar yang apabila tidak dibayar dalam 1 bulan maka harta Juliari akan dirampas. Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Terpidana kasus korupsi bantuan sosial sembako COVID-19 di Kementerian Sosial tahun anggaran 2020, Juliari Batubara, resmi dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tangerang, Banten oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Menteri Sosial itu akan menjadi tahanan di sana selama 12 tahun dikurangi masa tahanan yang telah dijalani.

1. Juliari juga didenda Rp500 juta dan ganti rugi Rp14,5 M
Eks Mensos Juliari Batubara Resmi Dibui 12 Tahun di Lapas Tangerang

Juliari juga wajib membayar denda Rp500 juta atau diganti pidana kurungan selama enam bulan apabila ia tak membayarnya. Selain itu, mantan Wakil Bendahara Umum PDI Perjuangan ini juga harus membayar uang pengganti senilai Rp14,5 miliar dalam waktu sebulan, setelah perkarannya berkekuatan hukum tetap.

“Apabila tidak dibayar paling lama satu bulan setelah perkara ini mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dirampas untuk menutupi uang pengganti dimaksud dan apabila harta bendanya tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama dua tahun,” ujar Ali.

2. Juliari juga tak bisa dipilih dalam jabatan publik selama empat tahun
Eks Mensos Juliari Batubara Resmi Dibui 12 Tahun di Lapas Tangerang

Tak hanya itu, Juliari Batubara juga mendapat hukuman berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik.

Hal ini berlaku hingga empat tahun setelah Juliari menjalani pidana pokok.

3. Hukuman buat Juliari Batubara paling berat dari terpidana lainnya
Eks Mensos Juliari Batubara Resmi Dibui 12 Tahun di Lapas Tangerang

Terdapat lima terpidana yang telah divonis dalam kasus ini. Berikut adalah deretan vonis untuk para tersangka korupsi bansos sembako COVID-19 Kementerian Sosial 2020:

Penerima

  1. Juliari Batubara: 12 tahun penjara, denda Rp500 juta, ganti rugi Rp14,5 M, tak bisa dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun
  2. Matheus Joko Santoso: 9 tahun penjara, denda Rp450 juta, ganti rugi Rp1,56 M
  3. Adi Wahyono: 7 tahun penjara dan denda Rp350 juta

Pemberi

  1. Ardian Iskandar: 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta
  2. Harry van Sidabukke: 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta

Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan setelah dinyatakan bersalah menerima uang suap Rp 32,482 miliar berkaitan dengan bansos Corona di Kementerian Sosial (Kemensos).

Juliari Batubara juga terbukti memerintahkan KPA bansos Corona Adi Wahyono dan PPK bansos Matheus Joko Santoso memungut fee Rp 10 ribu ke penyedia bansos.