Jokowi Rencana Bangunkan Rumah untuk Suku Asmat di Merauke

Jokowi Rencana Bangunkan Rumah untuk Suku Asmat di Merauke

Jokowi Rencana Bangunkan Rumah untuk Suku Asmat di Merauke – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membangun rumah untuk warga Suku Asmat di Merauke, Provinsi Papua. Hal itu dikatakan Jokowi usai mendapatkan permintaan dari salah seorang warga. Hal ini disampaikan Jokowi saat berbincang-bincang dengan sejumlah warga Suku Asmat disela-sela kunjungan kerja ke Merauke Papua, Minggu 3 Oktober 2021.

Nantinya, pembangunan rumah untuk warga Suku Asmat tersebut akan dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). “Mencarikan tanah aja, nanti Pak Menteri PU yang bangun, biar jelas semuanya. Tanahnya Pak Bupati, rumahnya Pak Menteri PU, udah,” kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Salah satu warga Suku Asmat bernama Venansus mengaku dirinya meminta kepada Jokowi untuk dibangunkan rumah yang layak. Dia pun bersyukur Jokowi langsung mengiyakan permintaannya dan sejumlah warga Suku Asmat lainnya.

1. Jokowi perintahkan Bupati Merauke dan Menteri PUPR untuk bangunkan rumah
Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di Merauke

Mendengar curhatan tersebut, Jokowi pun langsung memerintahkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka untuk mencarikan lahan untuk pembangunan rumah. Sementara, urusan pembangunan rumah diserahkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

“Carikan tanah aja, nanti Pak Menteri PU yang bangun. Tanahnya Pak Bupati, rumahnya Pak Menteri PU. Tadi berapa, 44 KK ya,” kata Jokowi memberikan instruksi kepada Bupati Merauke dan Menteri PUPR.

2. Venansius mengaku senang akan dibangunkan rumah oleh Jokowi
Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di Merauke

Salah satu warga Suku Asmat, Venansius, mengaku senang Jokowi mengabulkan permintaannya. Dia mengaku hanya ingin mendapatkan rumah dan air yang layak.

“Saya minta bapak mohon rumah yang layak, air. Itu saja yang saya minta. Terus bapak bilang ‘ya, kami akan kerja sama dengan Bapak Bupati dan Bapak Menteri PU‘,” ujar Venansius.

Lalu, Venansius juga mengaku senang karena Jokowi mau membangunkan rumah untuk Suku Asmat.

“Terima kasih, Tuhan memberkati,” ucapnya.

3. Rumah yang ditinggali warga Suku Asmat sudah tak layak
Suku Asmat Minta Dibangunkan Rumah, Ini Reaksi Jokowi

Venansius menuturkan saat ini kondisi rumah dari warga Suku Asmat memang kurang layak. Sehingga, saat bertemu Jokowi, mereka meminta dibangunkan rumah yang layak.

“Saya di Jalan Wari. Itu rumah yang dibangun bapak-bapak TNI AL. Selama ini kondisinya kurang bagus. Tapi kami masih bisa tinggal. Di itu masih tanah orang,” tutur Venansius.