Inilah Tips Cek Nama Penerima Bansos Tunai Rp600 Selama PPKM

Inilah Tips Cek Nama Penerima Bansos Tunai Rp600 Selama PPKM

Inilah Tips Cek Nama Penerima Bansos Tunai Rp600 Selama PPKM – Bansos merupakan pengeluaran berupa transfer uang, barang, atau jasa yang diberikan oleh pemerintah pusat/daerah kepada masyarakat guna melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya risiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi.

Pemerintah, kata perempuan yang akrab disapa Ani itu, akan menyiapkan anggaran senilai Rp6,1 triliun untuk perpanjangan program bansos tunai. Ia menggaris bawahi 10 juta warga penerima bansos adalah mereka yang merupakan keluarga miskin dan belum menerima insentif lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan kartu sembako.

“Untuk perpanjangan dua bulan (bansos) akan dibayarkan di bulan Juli dan Agustus. Kami akan bagikan kepada keluarga di 34 provinsi,” Dikutip dari idn poker apk versi terbaru ujar perempuan yang sempat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia itu. Lalu, bagaimana cara warga bisa mengecek apakah ia berhak memperoleh bantuan sosial tunai?

1. Warga bisa cek namanya penerima manfaat bansos tunai di situs cekbansos.kemensos.go.id
6 Disbursed Assistance in May 2021 and How to Check for Beneficiaries: BLT  IDR 300 thousand, BPNT, to BLT UMKM – NewsWep

Bagi kalian yang ingin mengecek apakah masuk ke dalam keluarga penerima manfaat (KPM), maka bisa ditelusuri ke situs https//:cekbansos.kemensos.go.id. Begini langkah-langkah untuk mengecek identitas kamu:

1. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan

2. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTPmasukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode

3. Bila tidak jelas huruf kode, maka klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru

4. Lalu klik tombol pencari data

Menurut laman resmi Kementerian Sosial di Instagram @kemensosri, mekanisme penyaluran BST tetap sama yakni dapat diambil di kantor pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara). Menteri Sosial Tri Rismaharini menargetkan bansos tunai senilai Rp600 ribu bisa segera cari pada pekan depan.

“Mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini (Juli) dan kami usahakan agar semua bisa tersalurkan ke warga,” kata Risma seperti dikutip dari akun Instagram Kemensos.

2. Menkeu Sri Mulyani sebut sudah ada 9,4 juta orang yang menerima bansos tunai

Sebut Indonesia Negara Sangat Cepat Dapat Vaksin, Sri Mulyani: Kita Punya  Uang : Okezone Economy

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan selain warga belum menerima manfaat dari PKH dan kartu sembako, mereka juga harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK) dan nomor telepon. Sejauh ini, kata Ani, bansos tunai sudah diberikan kepada 9,6 juta warga. Anggaran yang telah digelontorkan mencapai Rp11,94 triliun.

Nilai itu untuk penyaluran pada Januari-April 2021 dengan indeks Rp300 ribu per kelompok penerima per bulan. “Nah, untuk perpanjangan dua bulan ini kami harapkan akan dibayarkan pada bulan Juli dan Agustus. Targetnya 10 juta KPM di 34 provinsi,” ujar Ani.

3. Penerima bansos tunai juga akan memperoleh beras
Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Tunai Rp600 Ribu Selama PPKM

Sementara, Kemensos mengatakan turut memberikan bantuan lainnya bagi penerima manfaat bansos tunai dan program keluarga harapan. Warga juga akan menerima beras seberat 10 kilogram.

“BST dan PKH disalurkan masing-masing bagi 10 juta penerima, plus menerima beras sebanyak 10 kilogram,” ungkap Risma melalui keterangan tertulis pada 7 Juli 2021 lalu.

Ia menjelaskan beras seberat 10 kilogram akan disalurkan oleh Perum Bulog, mengingat jaringan Bulog terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia,” tutur dia lagi.

Pembaruan data penerima BST di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah selesai sejak akhir pekan lalu, dan siap digunakan dalam penyaluran.