Delegasi RI Untuk Pertemuan G20 Dinyatakan Positif COVID

Delegasi RI Untuk Pertemuan G20 Dinyatakan Positif COVID

Delegasi RI Untuk Pertemuan G20 Dinyatakan Positif COVID – G-20 atau  Kelompok 20 ekonomi utama adalah kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Secara resmi G-20 dinamakan The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia. Pertemuan perdana G-20 berlangsung di Berlin, 15-16 Desember 1999 dengan tuan rumah menteri keuangan Jerman dan Kanada.

Seorang delegasi Indonesia untuk pertemuan G20 di Catania, Italia dinyatakan positif COVID-19. Berdasarkan pemeriksaan IDNPoker dokter setempat, delegasi tersebut dilaporkan dalam kondisi baik dan stabil. “Dokter Italia telah melakukan pemeriksaan, yang bersangkutan dalam kondisi baik. Yang bersangkutan tetap diminta melakukan isolasi mandiri di hotel tempat tinggal selama 10 hari.”

1. Hasil rapid test di Indonesia berbeda dengan di Italia
Delegasi RI Pertemuan G20 di Italia Positif COVID, Ini Tanggapan KBRI 

Keterangan lebih lanjut, sejumlah delegasi Indonesia terbang ke Italia untuk menghadiri pertemuan G20 Education Ministers Meeting, G20 Employment Ministers’ Meeting, dan G20 Joint Meeting of Minister Education and Minister of Labour and Employment. Agenda itu berlangsung pada 22-23 Juni 2021 di Catania, Provinsi Sicilia, Italia.

Hasil rapid test di Indonesia menujukkan bahwa keduanya negatif corona sebelum berangkat. Kemudian, setibanya di Italia, hasil tes seorang delegasi menunjukkan positif corona, sementara delegasi lainnya negatif.

“Telah dilakukan tes molecular (swab test) pada Senin (21/6/2021) kepada satu orang delegasi Indonesia termaksud. Hasil swab test yang diterima pada Senin malam mengkonfirmasi yang bersangkutan positif COVID-19,” tulis KBRI.

2. Enam orang yang kontak dekat negatif corona
Coronavirus tests are pretty accurate, but far from perfect

Berdasarkan hasil penelusuran (tracing), didapati enam orang yang termasuk dalam kontak dekat. Mereka segera menjalani tes swab apakah ikut terpapar corona atau tidak.

“Dinas Kesehatan Provinsi Catania telah melakukan tes molecular kepada enam delegasi, tiga delegasi dari Jakarta dan tiga delegasi KBRI Roma, yang termasuk dalam kontak dekat. Hasil swab test keenam orang tersebut adalah negatif COVID-19,” tambah KBRI.

3. Tes swab kedua akan dilakukan pada hari ke-11
Delegasi RI Pertemuan G20 di Italia Positif COVID, Ini Tanggapan KBRI 

Setelah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan setempat, delegasi yang positif corona akan menjalani isolasi mandiri di hotel selama 10 hari dan melakukan tes swab kedua pada hari ke-11.

“KBRI Roma akan memberikan bantuan serta pendampingan dan tetap memantau perkembangan yang ada,” tulis KBRI.

Sebagai catatan, Catania terletak sekitar 800 km dari Roma, berada di Pulau Sicilia (Regio Sicilia) yang terpisah laut dari pulau lainnya. Roma- Catania ditempuh selama 1 jam 15 menit perjalanan udara atau sekitar 11 jam perjalanan darat menggunakan penyeberangan ferri dari pelabuhan Calabria ke pelabuhan Messina (di Pulau Sicilia).