Bahlil Akan Dilantik Menteri Investasi hingga THR PNS Cair

Bahlil Akan Dilantik Menteri Investasi hingga THR PNS Cair

Bahlil Akan Dilantik Menteri Investasi hingga THR PNS Cairberita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. … Teks berita adalah teks yang berisi peristiwa terkini atau aktual. Berita berbentuk laporan atas kejadian.

Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang pagi hingga siang hari Rabu, 28 April 2021, dimulai dari kabar bahwa Presiden Jokowi akan melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi sore hari ini.

Berikutnya ada berita tentang Daftar Live22 tunjangan hari raya atau THR PNS, TNI dan Polri yang disebut-sebut bakal cair pada hari ini serta penjelasan anak usaha PT Agung Podomoro Land Tbk. yang digugat PKPU di PN Medan, Sumatera Utara.

Lalu ada pernyataan Direktur CORE Indonesia Piter Abdullah soal BI tak lagi punya ruang untuk menurunkan suku bunga acuan dan usul Susi Pudjiastuti ke Jokowi untuk memberikan kenaikan pangkat hingga empat tingkat bagi prajurit yang gugur dalam insiden KRI Nanggala-402.

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. Jokowi Dikabarkan Lantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi Sore Ini

Presiden Joko Widodo alias Jokowi dikabarkan bakal melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi sore ini, Rabu, 28 April 2021. Bahlil saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Sore ini,” kata sumber di lingkungan Istana Negara saat dihubungi pada Rabu, 28 April 2021.

Kabar pelantikan Bahlil pun sudah didengar oleh kalangan pengusaha. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo Haryadi Sukamdani mengaku telah memperoleh informasi tersebut.

2. Pemerintah Alokasikan THR untuk PNS, TNI dan Polri Rp 45,4 T, Kapan Akan Cair?

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran tunjangan hari raya atau THR untuk PNS, TNI dan Polri pada tahun ini sebesar Rp 45,4 triliun. Lalu kapan THR tersebut akan mulai dibagikan?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menyebutkan total nilai anggaran untuk THR itu terdiri atas untuk pusat masing-masing sebesar Rp 30,6 triliun dan daerah Rp 14,4 triliun. Karena angkanya yang cukup besar, THR akan dibayarkan secara bertahap.

Sri Mulyani menjelaskan, THR akan diberikan dalam rentang lima hari yakni H-10 lebaran sampai H-5. Secara detail, ia berjanji akan mengumumkannya setelah peraturan pemerintah rampung.

3. Begini Penjelasan Anak Usaha Agung Podomoro Land Usai Digugat PKPU

PT Sinar Menara Deli, anak usaha PT Agung Podomoro Land Tbk, memberi penjelasan soal gugatan hukum yang diajukan oleh konsumen pemilik unit apartemen. Gugatan ini berkaitan dengan serah terima sisa unit apartemen pada tiga tower di proyek Podomoro City Deli Medan yang dikembangkan oleh Sinar Menara Deli.

Dalam penjelasannya, perusahaan berterima kasih kepada para konsumen yang memahami situasi dan sabar untuk menunggu serah terima unit. Sebab, pandemi Covid-19 telah membuat kegiatan konstruksi sedikit mengalami hambatan.

“Serah terima unit di tiga tower tadinya sudah sampai lantai 9-11. Kami memahami betul situasi konsumen, karena saat ini fokus perusahaan adalah mempercepat pembangunan dan serah terima unit kepada konsumen,” kata COO Podomoro City Deli Daniel Ongkowidjaja dikutip dalam laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 28 April 2021.

4. Bank Indonesia Diprediksi Tak Miliki Ruang Lagi Turunkan Suku Bunga Acuan

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebukan Bank Indonesia (BI) sudah tidak mempunyai ruang untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) yang saat ini berada di level 3,5 persen.

“Ke depan saya perkirakan suku bunga acuan akan cenderung tetap untuk dukung pemulihan ekonomi. BI nampaknya sudah tidak ada ruang menurunkan suku bunga acuan,” katanya dalam acara Mendobrak Inersia Pemulihan Ekonomi di Jakarta, Selasa.

Piter menyatakan hal ini karena tekanan dari pasar keuangan dunia berdampak pada kemampuan Bank Indonesia dalam menentukan kebijakan moneter termasuk mengenai keputusan pemangkasan suku bunga acuan.

5. Susi Sebut Jokowi Bisa Naikkan Pangkat Prajurit di KRI Nanggala hingga 4 Level

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menanggapi rencana Presiden Joko Widodo alias Jokowi menaikkan pangkat 53 prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang gugur dalam peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402. Susi memandang semestinya Jokowi bisa memberikan kenaikan pangkat lebih dari satu tingkat.

“Pak Presiden yth (yang terhormat), kenaikan pangkat luar biasa harusnya tidak satu tingkat,” kata Susi menanggapi cuitan Jokowi melalui akun Twitternya, Selasa, 27 April 2021.

Susi berujar, sebagai panglima tertinggi, Jokowi dapat menaikkan pangkat para prajurit sampai empat level lebih tinggi. “Sebagai panglima tertinggi, Bapak Presiden bisa menaikkan 2 sd 4 level dari pangkat mereka sekarang,” katanya.