Wiku Adisasmito Menyampaikan 88,9 % Covid di Indonesia Turun

Wiku Adisasmito Menyampaikan 88,9 % Covid di Indonesia Turun

Wiku Adisasmito Menyampaikan 88,9 % Covid di Indonesia Turun – Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., PhD, (lahir 20 Februari 1964) adalah seorang ahli dalam bidang kebijakan kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi yang memprakarsai dibentuknya Indonesia One Health University Network (INDOHUN). Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan dalam minggu ini kasus virus corona di Indonesia turun hingga 88,9 persen.

Wiku telah dikukuhkan menjadi Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia di bidang Kebijakan Kesehatan pada tahun 2010. Menurut Wiku penurunan kasus itu konsisten terjadi selama delapan minggu berturut-turut.

“Kasus di minggu ini telah turun 88,9 persen, dibandingkan puncak kedua. Bahkan jumlah kasus minggu ini lebih rendah dibandingkan puncak pertama dan mendekati titik kasus terendah pada 10 Mei lalu,” kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (14/9/2021).

1. Satgas sebut menurunnya kasus karena kerja sama pemerintah dan masyarakat
Kasus COVID-19 di Indonesia Turun 88,9 Persen Pekan Ini

Wiku menuturkan, penekanan kasus COVID-19 ini tercapai lantaran kerja sama pemerintah dalam menyusun kebijakan. Selain itu, dia menambahkan bahwa kerja sama masyarakat yang taat protokol kesehatan juga menyumbang penurunan kasus.

“Langkah-langkah yang diambil adalah begitu kasus meningkat pemerintah langsung menetapkan kebijakan PPKM yang dilanjutkan dengan pembatasan yang lebih ketat atau PPKM level 1-4 yang dilaksanakan pada 26 Juli hingga saat ini,” terangnya.

2. Pemerintah akan terus evaluasi kebijakan perjalanan yang diterapkan
Kasus COVID-19 di Indonesia Turun 88,9 Persen Pekan Ini

Tak hanya itu, pemerintah juga mengatur kebijakan perjalanan di dalam maupun dari luar negeri. Kebijakan tersebut selalu dievaluasi setiap pekannya melalui rapat koordinasi antara pusat dan daerah.

“Dan akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus yang dinamika yang terjadi di masyarakat. Respons cepat dalam peningkatan kesiapan faslitas kesehatan juga menjadi modal utama dalam menghadapi lonjakan kasus,” kata dia.

3. Antisipasi lonjakan kasus, pemerintah terus tingkatkan vaksinasi
Kasus COVID-19 di Indonesia Turun 88,9 Persen Pekan Ini

Wiku mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan kasus, pemerintah terus melakukan peningkatan vaksinasi hingga mencapai 10 juta per 10 hari sejak Agustus 2021 lalu.

“Pemerintah terus mengupayakan tercukupinya stok vaksin nasional dan meningkatkan cakupan distribusi vaksin yang merata,” ucap Wiku.