Syarat Bagi Turis Asing yang Ingin Masuk ke Indonesia

Syarat Bagi Turis Asing yang Ingin Masuk ke Indonesia

Syarat Bagi Turis Asing yang Ingin Masuk ke Indonesia – Pemerintah akan membuka penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali, per 14 Oktober 2021. Kendati begitu, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan pemerintah membuka perjalanan internasional secara perlahan dengan syarat ketat.

“Semua pendatang wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina dan tes sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan sebelum diizinkan masuk ke Indonesia,” kata Wiku saat Konferensi Pers Update Penanganan Covid-19.

“Pembukaan kembali pintu kedatangan internasional akan dilakukan secara bertahap sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi masyarakat. Rincian pengaturan ini akan dituangkan dalam Surat Edaran Satgas dan akan disampaikan segera kepada publik,” kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (12/10/2021).

1. Satgas tegaskan semua pelaku perjalanan wajib taati aturan yang diterapkan
Satgas COVID-19: Turis Asing yang Tak Penuhi Syarat Akan Dipulangkan

Pemerintah, ujar Wiku, tengah merancang kebijakan dengan hati-hati agar pemulihan ekonomi bisa berjalan secara aman. Penerapan kebijakan akan dilakukan secara bertahap sebagai antisipasi potensi kenaikan kasus COVID-19.

“Semua pelaku perjalanan wajib untuk menaati aturan yang telah diterapkan,” tegas Wiku.

Menurut Wiku, jika ada pelaku perjalanan internasional yang ingin ke Indonesia dan tidak memenuhi syarat, maka akan dipulangkan ke negara asalnya.

“Apabila ada peserta perjalanan yang tidak memenuhi syarat atau tidak mematuhi aturan akan ditolak untuk masuk ke Indonesia dan diminta pulang ke negara asalnya,” jelasnya.

2. Petugas yang melanggar aturan di lapangan akan diberi sanksi
Satgas COVID-19: Turis Asing yang Tak Penuhi Syarat Akan Dipulangkan

Oleh karena itu, Satgas meminta kepada semua yang diberikan kewenangan untuk melaksanakan dan mengawasi jalannya kebijakan ini agar melakukan tugasnya dengan tanggung jawab. Wiku menegaskan, apabila ditemukan pelanggaran disiplin dari petugas di lapangan, maka akan diberikan sanksi tegas.

“Penting untuk diingat bahwa meskipun saat ini kita telah berupaya melakukan pemulihan ekonomi, keamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia harus tetap menjadi prioritas utama,” terang Wiku.

3. Syarat perjalanan bagi turis asing yang mau ke Indonesia
Satgas COVID-19: Turis Asing yang Tak Penuhi Syarat Akan Dipulangkan

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan syarat bagi pelaku perjalanan internasional yang akan ke Indonesia. Salah satu persyaratannya yaitu pelaku perjalanan internasional harus karantina selama lima hari usai tiba di Indonesia.

Berikut syarat-syarat yang diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional sebelum melakukan penerbangan ke Indonesia:

1. Berasal dari negara dengan kasus konfirmasi level 1 dan 2 dengan positivity rate <=5 persen.
2. Hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil max 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.
3. Bukti vaksinasi lengkap, dengan dosis ke-2 dilakukan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dan ditulis dlm bahasa Inggris, selain bahasa negara asal.
4. Asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal 100 ribu dolar AS dan mencakup pembiayaan penanganan COVID-19.
5. Bukti konfirmasi pembayaran akomodasi selama di Indonesia dari penyedia akomodasi atau pihak ketiga.

Adapun berikut syarat-syarat saat sudah tiba di Indonesia:

1. Mengisi E-HAC via aplikasi PeduliLindungi.
2. Melaksanakan tes RT-PCR on arrival dengan biaya sendiri. Pelaku perjalanan dapat menunggu hasil tes RT-PCR di akomodasi yang sudah direservasi.
3. Jika hasil negatif, maka pelaku perjalanan dapat melakukan karantina ditempat karantina yang sudah direservasi selama lima hari.
4. PCR pada hari keempat malam. Jika hasil negatif maka pada hari kelima sudah bisa keluar dari karantina.