Sandiaga Uno Telah Mengangkat Brigjen TNI Jadi Staf Khusus

Sandiaga Uno Telah Mengangkat Brigjen TNI Jadi Staf Khusus

Sandiaga Uno Telah Mengangkat Brigjen TNI Jadi Staf Khusus – Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969; umur 51 tahun) adalah pengusaha dan politisi Indonesia. Ia dipercaya oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju (2019–2024). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membenarkan telah mengangkat Brigjen TNI Ario Prawiseso sebagai staf khusus (Stafsus). Ario akan bertugas sebagai Stafsus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis.

“Pak Ario sudah bertugas dari awal tahun, dan beliau membantu saya di bidang keamanan dan tentunya di isu-isu strategis,” kata Sandiaga dalam Live Chat Live22 yang disiarkan secara virtual pada Rabu (26/5/2021).

1. Ini alasan Sandiaga angkat jenderal TNI
Ngobrol Seru by IDN Times dengan tema “Quick Win Menparekraf di Era Pandemik Covid-19 Bersama Sandiaga Uno” pada Kamis (4/3/21)

Sandiaga berharap dengan diangkatnya Ario sebagai Stafsus, pariwisata Indonesia akan identik dengan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan. Ia mengungkapkan, selama beberapa bulan bertugas, Ario sangat membantunya.

“Alhamdulillah so far berjalan efektif, kunjungan-kunjungan kami, beliau ikut memantau. Dan harapannya bahwa kondisi keamanan di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif ini bisa terpantau dalam keadaan yang aman terkendali,” papar Sandiaga.

2. Sandiaga yakin tak terjadi benturan kepentingan dengan diangkatnya Ario

Benturan kepentingan adalah situasi dimana terdapat konflik kepentingan seseorang yang memanfaatkan kedudukan dan wewenang yang dimilikinya (baik dengan sengaja maupun tidak sengaja) untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau golongannya sehingga tugas yang diamanatkan tidak dapat dilaksanakan dengan obyektif dan berpotensi menimbulkan kerugian  kepada pihak tertentu.

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga menegaskan pengangkatan Ario telah dijalankan dengan prinsip good corporate governance. Sehingga, ia mengatakan tidak akan berbenturan dengan kepentingan lain.

“Jadi ini yang harus kita pastikan sehingga output dan impact-nya akan positif terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kita akan pastikan ke depan tidak ada conflict of interest atau benturan kepentingan,” tegas Sandiaga.

3. Lalu, siapa Brigjen TNI Ario Prawiseso?

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021 tanggal 25 Mei 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto merotasi 80 pejabat tinggi TNI. Salah satunya adalah Brigjen Ario.

Sebelum menjabat Stafsus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Ario menjabat Kepala Biro Logistik pada Sekretariat Utama Badan Intelijen Negara (BIN).