Rogerio C. ditangguhkan dari jabatannya Sebagai Kepala CBF

Rogerio C. ditangguhkan dari jabatannya Sebagai Kepala CBF

Rogerio C. ditangguhkan dari jabatannya Sebagai Kepala CBF – Konfederasi Sepak Bola Brasil adalah badan pengendali sepak bola di Brasil. Badan ini didirikan pada 20 Agustus 1914 dengan nama Confederação Brasileira de Desportos. Presiden pertamanya adalah Álvaro Zamith. Badan ini mengatur kompetisi sepak bola nasional Brasil seperti Campeonato Brasileiro dan Piala Brasil.

Rogério Caboclo (lahir 1973 di São Paulo ) adalah seorang eksekutif sepak bola Brasil , dan Presiden Konfederasi Sepak Bola Brasil sejak 2019. Rogério Caboclo terpilih pada 17 April 2018 sebagai satu-satunya kandidat dengan 135 suara dari 141 kemungkinan, untuk memimpin otoritas tertinggi sepak bola Brasil selama empat tahun, antara April 2019 dan April 2023.

Pada 6 Juni 2021, ia diberhentikan selama 30 hari, karena melaporkan pelecehan seksual. Dugaan ini muncul menjelang kompetisi Download IDNPlay Apk Copa America yang akan diselenggarakan di Brasil pertengahan Juni mendatang.  Meskipun sudah dituding terkait kasus pelecehan seksual, Caboclo dan kuasa hukumnya menyangkal tudingan tersebut dan akan membuktikan jika dirinya memang benar tidak bersalah.

1. Rogerio Caboclo terjerat skandal pelecehan seksual
Diduga Terlibat Pelecehan, Presiden Federasi Sepakbola Brazil Dicopot

Pada hari Minggu (06/06/2021) Presiden Federasi Sepakbola Brasil (CBF) Rogerio Caboclo dicopot dari jabatannya selama 30 hari. Keputusan ini menyusul adanya dugaan Caboclo terlibat dalam kasus pelecehan seksual dan moral kepada salah seorang pegawai CBF yang tidak bersedia disebutkan namanya.

2. Laporan sudah diberikan sejak Jumat lalu

Dikutip dari laman GE, komplain terkait kasus yang melibatkan Rogerio Caboclo sudah diberikan sejak Jumat (04/06/2021) sore kepada Komite Etik CBF, pemerintah dan Pengurus Keluhan. Pihak penuntut mengatakan jika ia sudah mendapatkan pelecehan sejak bulan April tahun lalu. Ia mengklaim bahwa dirinya memiliki bukti berdasarkan fakta dan meminta presiden agar diinvestigasi dan dijatuhi hukuman dengan pencopotannya dari CBF.

Salah satu bukti yang diberikan dari korban setelah adanya paksaan padanya ketika dalam perjalanan dan pertemuan bersama presiden. Pada komplainnya, korban menjelaskan detil ketika manajer memintanya untuk masturbasi dan memaksanya untuk memakan biskuit anjing dan bahkan memanggilnya pelacur.

3. Insiden berlangsung sebelum penyelenggaraan Copa America

Skandal pelecehan seksual dan moral yang melibatkan Rogerio Caboclo ini juga terjadi hanya seminggu sebelum turnamen Copa America yang diselenggarakan di Brasil. Setelah sebelumnya Brasil menyetujui untuk kembali menjadi tuan rumah ajang terbesar di Amerika Selatan tersebut usai terjadinya demonstrasi di Kolombia, dikutip dari Sputnik News.

Caboclo pada minggu lalu tengah mengadapi masa tersulit sejak menjabat pada 2019 lalu, setelah pelatih timnas Brasil, Tite beserta pemain menolak keputusannya menyelenggarakan Copa America. Namun upaya ini mendapat dukungan dari Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Nantinya pada turnamen Copa America 2021, Brasil direncanakan untuk menjamu Venezuela di Brasilia pada 13 Juni.

Tuduhan pelecehan moral dan pelecehan seksual datang dari seorang karyawan CBF yang mengaku menjadi korban pada tahun 2020. Menurut korban, ada saksi dan bukti bahwa Caboclo akan mencoba memaksanya untuk makan biskuit anjing dan memanggilnya a ‘jalang’ ‘, Ada juga audio yang bocor di mana Caboclo memberi tahu korban ‘kamu masturbasi?’. Dan Ada Juga laporan bahwa Rogério Caboclo menuntut seorang karyawan menandatangani dokumen yang menyangkal pelecehan tersebut.