Prosesi Pelantikan Perdana Menteri Ke-9 di Negara Malaysia

Prosesi Pelantikan Perdana Menteri Ke-9 di Negara Malaysia

Prosesi Pelantikan Perdana Menteri Ke-9 di Negara Malaysia – Ismail Sabri Yaakob ditunjuk sebagai perdana menteri (PM) Malaysia baru. Keterangan itu diungkapkan istana pada Jumat (20/8), setelah beberapa hari ketidakpastian politik. Pengawas Keuangan Keluarga Kerajaan dan Rumah Tangga Ahmad Fadil Shamsuddin, dalam pernyataan mengatakan karena 114 anggota parlemen telah mencalonkan Ismail Sabri sebagai calon perdana menteri.

Suara mayoritas cukup untuk membentuk pemerintahan baru. Pelantikan akan dilaksanakan pada Sabtu pukul 14.30 WIB. Dengan penunjukan ini, Raja Al-Sultan Abdullah Riayatuddin Al-Mustafa Billah Shah mengatakan pemerintah harus segera melanjutkan upaya memerangi COVID-19.

Prosesi pelantikan dihadiri langsung oleh Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah di Istana Negara. Acara ini disiarkan langsung melalui saluran apk idn poker televisi pemerintah serta halaman Facebook Kantor Perdana Menteri. Ismail sebelumnya juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Malaysia.

1. Pelantikan dihadiri oleh Raja Malaysia
Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 Malaysia

Dikutip dari kantor berita ANTARA, acara yang berlangsung di Majelis Singgasana Istana Negara tersebut terdiri dari pelantikan, pengangkatan dan penandatanganan sumpah jabatan.

Ismail mengucapkan sumpah dihadapan Sultan Abdullah. Setelah itu, Ismail menandatangani beberapa dokumen penting pada pukul 14:31 waktu setempat.

Kemudian, dokumen-dokumen itu diserahkan kepada Ketua Hakim negara Tun Tengku Maimun dan disaksikan pula oleh Kepala Sekretariat Negara M Zuki bin Ali.

2. Mantan PM Muhyiddin dan Najib Razak ikut hadir
Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 Malaysia

Rangkaian acara pelantikan ditutup oleh doa yang dipimipn oleh Mufti Wilayah Luqman Haji Abdullah. Usai berdoa, Sultan Abdullah segera meninggalkan Majelis Singgasana dan diikuti oleh PM Ismail Sabri dan istrinya.

Terlihat hadir saat pelantikan Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi, mantan Perdana Menteri Najib Razak dan mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

3. Muhyiddin berharap bisa berkuasa di masa depan
Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 Malaysia

Pada Jumat (20/8/2021), Muhyiddin menyampaikan harapannya untuk bisa kembali berkuasa di masa depan. Muhyiddin tercatat sebagai perdana menteri terpendek dalam sejarah dengan masa kuasa 18 bulan.

“Apa yang naik sekarang, mungkin juga akan turun. Tapi apa yang turun sekarang, insya Allah saya akan kembali,” kata Muhyiddin dikutip dari The Straits Times.

Muhyiddin juga menepis isu yang menuduh pemerintah tidak berbuat apa-apa untuk mengelola krisis. Muhyiddin berdalih, selama dia menjabat, belum pernah dia temui warga Malaysia yang kesulitan setelah serangkaian kebijakan penguncian (lockdown).

“Jadi hanya sekitar satu tahun kami berjuang, dan dalam satu tahun, kami juga mencapainya. Ada semacam catatan. Saya perlu sedikit berdebar karena tidak ada orang lain yang ingin memuji saya dan saya tidak memintanya. mereka memuji saya,” kata Muhyiddin, mengacu pada tingkat vaksinasi yang tinggi di Malaysia.

Raja menegaskan kembali bahwa rakyat tidak boleh dibebani gejolak politik yang tak berkesudahan pada saat krisis kesehatan dan ekonomi.

“Anggota parlemen juga diingatkan untuk menunjukkan solidaritas dengan mengutamakan dan memberikan komitmen dan pelayanan tingkat tinggi kepada rakyat,” papar dia.

Pengunduran diri Muhyiddin Yassin pada Senin telah menjerumuskan Malaysia ke dalam kekacauan politik. Raja menerima pengunduran dirinya dan mengangkatnya sebagai perdana menteri sementara sampai pemerintahan baru dapat dibentuk.