Pesawat Kargo Milik Smart Air Mengalami Kecelakaan

Pesawat Kargo Milik Smart Air Mengalami Kecelakaan

Pesawat Kargo Milik Smart Air Mengalami Kecelakaan – Kabar duka datang dari dunia penerbangan Indonesia, Pesawat Kargo Smart Air mengalami kecelakaan pada Senin, 25 Oktober 2021. Pesawat Kargo Smart Air dilaporkan gagal mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua sekitar pukul 7.30 WIT.

Ada pun penyebab insiden tragis ini diduga karena faktor cuaca. Menurut keterangan Kepala Bandara Aminggaru Ilaga, Herman Sujito, saat hendak turun, kabut tebal menyelimuti bandara Ilaga. Akibatnya pesawat yang membawa muatan barang dari Timika itu jatuh.

Kapolres Puncak Kompol Nyoman Puniasaat mengonfirmasi kejadian tersebut. Ia mengatakan pilot pesawat meninggal dunia. Menurut Nyoman, dalam pesawat itu tidak ada penumpang lain selain pilot dan kopilot. Pilot dinyatakan meninggal dunia saat hendak dibawa ke Puskesmas Ilaga, sementara kopilot ditemukan dalam keadaan sadar namun mengalami luka-luka.

1. Penyebab kecelakaan diduga karena kabut yang menyelimuti bandara
Pesawat Smart Air Alami Kecelakaan di Ilaga Papua, Pilot Meninggal

Pilot pesawat nahas tersebut, Rahayu Kuntardi, meninggal setelah sempat dievakuasi ke Puskesmas Ilaga. Sedangkan, co-pilot bernama Egie dirawat di Puskesmas setempat.

Saat ini korban selamat tengah menjalani perawatan medis di puskesmas Ilaga yang nantinya akan dievakuasi ke Timika, Papua.

Setelah kecelakaan ini terjadi, Bandara Aminggaru Ilaga ditutup sementara demi kepentingan evakuasi.

Kepala Bandara Aminggaru Ilaga, Herman Sujito, mengatakan kecelakaan pesawat diduga terjadi akibat kabut yang menyelimuti bandara sejak pagi hari.

2. Jenazah Kuntardi diterbangkan ke Jakarta
Pesawat Smart Air Alami Kecelakaan di Ilaga Papua, Pilot Meninggal

Jenazah Rahayu Kuntardi pun langsung dievakuasi ke Jakarta melalui Timika. Kuntardi dinyatakan meninggal dunia di Puskemas Ilaga.

“Selain itu co-pilot Eggie yang mengalami luka juga sudah dievakuasi dari Ilaga,” ujar Herman.

3. Bandara Ilaga ditutup sementara
Pesawat Smart Air Alami Kecelakaan di Ilaga Papua, Pilot Meninggal

Evakuasi dilakukan menggunakan dua pesawat, yakni milik Smart Air dan Rimbun Air. Kedua pesawat tersebut mendarat terlebih dahulu di Bandara Ilaga sebelum pesawat kargo Smart Air mengalami musibah.

Adapun penyebab kecelakaan pesawat masih diinvestigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Karena insiden tersebut, saat ini operasional bandara ditutup sementara karena masih dilakukan pembersihan,” kata Herman.