Pengajak Terobos Sekat Larangan Mudik Ditangkap Polda Aceh

Pengajak Terobos Sekat Larangan Mudik Ditangkap Polda Aceh

Pengajak Terobos Sekat Larangan Mudik Ditangkap Polda Aceh – Beredar video yang menampilkan seorang pria mengajak masyarakat melakukan  mudik. Polisi pun turun melakukan penyelidikan serta Menangkap Provokator tersebut.

Dari video itu, terlihat pria tersebut duduk di dalam mobil sembari memangku anak kecil. Tampak seorang anak kecil lain di kursi belakang. Kepolisian Daerah (Polda) Aceh telah menangkap pemilik konten video yang mengajak pemudik ramai-ramai membobol sekat larangan mudik di Desa Lampaya,

Daerah Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Minggu, 9 Mei 2021. “Benar, telah kami amankan seorang terduga pelaku berinisial WHD, yang merupakan pemilik video Club388 Indonesia provokatif,” sebut Dirreskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Margiyanta dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/5/2021).

1. Penangkapan dilakukan dengen menelusuri video akun Facebook atas nama Zakarya Alhanafi
Polda Aceh Tangkap Pengajak Pemudik Terobos Penyekatan Larangan Mudik

Margiyanta menjelaskan, penangkapan WHD dilakukan berdasarkan hasil penyidikan terhadap pemilik konten video pada akun media sosial Instagram ‘cetul.22’.

“Video tersebut juga sudah di-posting oleh satu akun Facebook atas nama Zakarya Alhanafi pada 8 Mei 2021 yang bermuatan ujaran kebencian dan SARA terhadap aturan pemerintah,” ujar dia.

2. WHD mengajak masyarakat mudik, meski pemerintah melarangnya
Polda Aceh Tangkap Pengajak Pemudik Terobos Penyekatan Larangan Mudik

Dalam video tersebut berisi rekaman seorang pria mengenakan sorban sedang mengimbau kepada masyarakat, agar tetap mudik, dan bahkan mengajak warga menerobos titik-titik penyekatan mudik yang ada.

“Setelah kami telusuri, ternyata pria bersorban tersebut adalah WHD dan langsung kami diamankan,” sebut Margiyanta.

3. WHD terancam melanggar UU ITE

Terduga pelaku beserta barang bukti saat ini sudah ditahan di Polda Aceh guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kepada terduga pelaku akan disangkakan Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45a Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” ujar Margiyanta.

4. Pemerintah melarang mudik
Polda Aceh Tangkap Pengajak Pemudik Terobos Penyekatan Larangan Mudik

Pemerintah telah melarang masyarakat mudik Lebaran, guna mencegah penyebaran COVID-19. Larangan mudik ini berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Selain itu, pemerintah juga membatasi perjalanan sebelum dan sesudah masa larangan mudik yakni pada 22 April hingga 5 Mei 2021, dan 18-24 Mei 2021.

Mari kita Taati apa yang baik untuk diri kita sndiri. Serta jangan mudah Terprovokasi olah ajakan sesat orang lain. Mari kita menjaga orang-orang disekitar kita agar kita smua tetap bisa menikmati hidup di negara Indonesia yang sangat kita cintai ini.