Pasukan TNI Indonesia Diberitahukan Telah Tiba di Palestina

Pasukan TNI Indonesia Diberitahukan Telah Tiba di Palestina

Pasukan TNI Indonesia Diberitahukan Telah Tiba di Palestina – Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia. Pada awal dibentuk, lembaga ini bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia. Sebuah video pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengendarai tank beredar di media sosial Facebook. Disebutkan, video diambil saat kedatangan pasukan TNI di Palestina.

Kedatangan tentara Indonesia di Palestina. Subhanallah,” bunyi tulisan yang ada di dalam video.

Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan sejumlah personel TNI diberangkatkan ke Palestina, adalah salah. Faktanya, Dilansir dari Live Chat Live22 video itu tidak terkait dengan misi pembebasan Palestina dari Israel. Video tersebut diunggah akun Facebook Tuấn Muda Divin pada 15 Mei 2021. Pengunggah menyebut TNI siap bertempur.

Alhamdulillah TNI sampai di PALESTINA. siap tempur.
LoveTNI,” tulis akun Tuấn Muda Divin.

Namun, benarkah informasi tersebut?

1. Video diambil bukan di Palestina

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan video kedatangan pasukan TNI di Palestina tersebut tidak benar. Dilansir laman kominfo.go.id, video diambil bukan di Palestina.

“Setelah dilakukan penelusuran, klaim kedatangan TNI di Palestina tersebut adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut bukan diambil di Palestina, melainkan di Lebanon,” tulis Kominfo di laman resminya yang dikutip pada Senin (24/5/2021).

2. TNI menjalankan misi perdamaian di Lebanon

Sementara itu, dilansir turnbackhoax.id, pasukan TNI yang ada di dalam video sedang menjalankan misi perdamaian di Lebanon. Pasukan TNI bergabung dengan militer dari negara lain dalam pasukan perdamaian PBB, United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL).

19 Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda XXVIII-M UNIFIL telah diberangkatkan untuk menjalankan misi perdamaian dunia di perairan Lebanon.

Prajurit TNI itu berangkat menggunakan Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut, yaitu KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) – 367 yang dilengkapi dengan satu unit Helikopter AS-565 MBA Panther

“Isi dari video tersebut merupakan video peliputan Gadir Hamed (Jurnalis Lebanon) yang sedang mengikuti kegiatan TNI dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon,” tulis turnbackhoax.id.

Video pasukan TNI mengendarai tank itu pun pernah diunggah akun YouTube UNIFIL pada 13 Oktober 2013.

3. Mengenal UNIFIL

UNIFIL, dikutip dari laman resminya, merupakan organisasi pasukan sementara PBB di Lebanon. Mereka dimandati untuk memastikan gerak mundurnya Israel dari Lebanon.

Selain itu, pasukan UNIFIL ditugasi untuk mengembalikan kedamaian dan keamanan internasional. Serta, membantu pemerintah Lebanon mengembalikan otoritasnya di area tersebut.