Lima Orang Anggota Satpol PP Dijatuhi Sanksi Pemotongan Gaji

Lima Orang Anggota Satpol PP Dijatuhi Sanksi Pemotongan Gaji

Lima Orang Anggota Satpol PP Dijatuhi Sanksi Pemotongan Gaji – Kepala Satpol PP  Jakarta Barat Tamo Sijabar mengatakan telah memberikan tindakan disiplin berupa potong gaji terhadap lima anggotanya. Sanksi ini karena diduga melakukan pelanggaran prosedur saat bertugas. “Kita ajukan tindakan sesuai peraturan saja. Ada yang sebulan potongan gaji, ada yang tiga bulan potong gaji,” kata Tamo dikutip dari Antara, Kamis (28/10/2021).

Penindakan itu bermula ketika sebuah video viral di media sosial, setelah diunggah oleh salah satu akun di Instagram. Dalam video rekaman kamera CCTV yang viral tersebut, terlihat dua oknum Satpol PP sedang berbicara dengan perempuan yang diduga karyawan restoran.

Dalam narasinya disebut bahwa oknum Satpol PP Jakbar itu meminta ‘uang kebijakan’ kepada karyawan itu. Dalam keterangan video itu juga disebut restoran yang disatroni petugas Satpol PP Jakarta Barat berlokasi di wilayah Cengkareng. Tamo pun membantah ada penarikan uang secara paksa oleh oknum Satpol PP Jakbar anak buahnya itu.

1. 5 Satpol PP diduga hanya mencari-cari kesalahan
Viral 5 Satpol Jakbar Diduga Peras Pengusaha Restoran, Kasatpol Tamo  Sijabat Mengklarifikasi - ERA.ID

Tamo menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan, kelimanya tidak melaksanakan tugas sesuai arahan. Mereka melakukan pengawasan tempat usaha dengan menanyakan semua persyaratan protokol COVID-19.

Hal tersebut dinilai Tamo terkesan mencari-cari kesalahan di masa PPKM Level 2 DKI Jakarta.

“PPKM yang ditanya itu cukup tiga: kapasitas, vaksin atau tidak, dan jam operasional. Kalau menanya di luar itu baik itu fakta integritas, wastafel, termogun, untuk usaha kecil, itu sama saja mencari-cari kesalahan,” kata Tamo.

2. Kasatpol PP bantah anggotanya menerima uang dari si pemilik rumah makan
Bantah Dugaan Pungli, 5 Anggota Satpol PP Jakbar Tetap Dipotong Gaji, Ini  Alasannya - Suara Jakarta

Namun demikian, Tamo menegaskan jika kelima Satpol PP tersebut tidak menerima uang dari si pemilik rumah makan. Hal tersebut dibuktikan lewat surat pernyataan jika sang pemilik rumah makan tidak memberikan uang kepada Satpol PP.

“Tidak ada (menerima uang), mereka bikin pernyataan tidak ada penerimaan uang. Saya lihat juga postingannya dihapus, jadi nyambung antara ini,” ujar Tamo.

3. Viral anggota Satpol PP diduga melakukan pungli
5 Satpol PP Jakbar Dipotong Gaji usai Aksi Pungli di Restoran Viral

Penindakan itu bermula ketika sebuah video viral di media sosial, setelah diunggah oleh salah satu akun di Instagram @kameraperistiwa. Dalam video rekaman kamera CCTV yang viral tersebut, terlihat dua oknum Satpol PP sedang berbicara dengan perempuan yang diduga sebagai pemilik restoran.

Namun dalam narasi yang disandingkan dalam video, disebut bahwa oknum Satpol PP itu meminta sejumlah uang kepada pemilik restoran lantaran melanggar ketentuan selama PPKM. Dalam keterangan video itu juga disebut restoran yang disatroni petugas Satpol PP Jakarta Barat berlokasi di wilayah Cengkareng.