KPK Melakukan Pemeriksaan Ke Semua Orang Mengenai Formula E

KPK Melakukan Pemeriksaan Ke Semua Orang Mengenai Formula E

KPK Melakukan Pemeriksaan Ke Semua Orang Mengenai Formula E – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tengah mengumpulkan bukti dugaan korupsi  penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta. Salah satunya dengan meminta keterangan sejumlah pihak terkait. Anggota Komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengatakan, pihaknya sudah sejak lama menaruh kecurigaan itu.

“Saya sudah sampaikan peraturan apa saja yg ditabrak. Setidaknya dengan sikap ini, seandainya sudah diperiksa dengan jelas maka kalau ada atau tidak ada pelanggaran kita semua jelas,” katanya

“Saya kira, siapapun yang mengetahui tentang keseluruhan penyelenggaraan Formula E ini akan dipanggil dan dimintai keterangan oleh tim penyelidik untuk memastikan apakah benar di dalam penyelenggaraan ini ada peristiwa pidana,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri.

1. KPK masih selidiki penyelenggaraan Formula E di DKI
KPK Intai Semua Orang yang Tahu Soal Formula E

Saat ini KPK masih melakukan penyelidikan. Ali mengatakan, proses penyelidikan adalah saat mencari tahu sebuah peristiwanya ada tindak pidananya atau tidak.

“Kalau kemudian tidak ada (peristiwa pidananya), ya tidak dilanjutkan. Kalau ada, ya akan dipertimbangkan apakah bisa ditemukan orang yang dipertanggungkan,” jelasnya.

2. Ketua KPK pastikan tak akan pandang bulu
KPK Intai Semua Orang yang Tahu Soal Formula E

Ketua KPK, Firli Bahuri, sebelumnya menegaskan tak akan pandang bulu dalam mengusut kasus Formula E. Dia memastikan bakal menindak tegas siapapun pelaku yang terlibat dalam dugaan tindak pidana korupsi.

“KPK tidak akan pandang bulu. KPK bekerja profesional sesuai kecukupan bukti,” ujarnya.

3. Pemprov DKI bawa 600 lembar dokumen soal Formula E
Ini Isi 600 Lembar Dokumen Formula E yang Dibawa Pemprov DKI ke KPK

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta, yang diwakili Syaefulloh Hidayat selaku Kepala Inspektorat DKI Jakarta dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), datang ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditemani anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Anies Baswedan, Bambang Widjojanto (BW). Kedatangan mereka ke Gedung Merah Putih terkait proyek penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Kedatangan Pemprov DKI Jakarta membawa 600 lembar dokumen pendukung terkait Formula E. KPK pun berjanji akan mempelajari dokumen yang telah diserahkan pada KPK itu.

“Tim Penyelidik akan menelaah dan mengkaji dokumen tersebut secara detail dan mendalam untuk memperoleh Informasi dan data yang tentu diperlukan dalam proses penyelidikan perkara ini,” jelas Ali.