Korea Utara Mengembangkan Peralatan PCR Tes Covid-19

Korea Utara Mengembangkan Peralatan PCR Tes Covid-19

Korea Utara Mengembangkan Peralatan PCR Tes Covid-19 – Korea Utara telah mengembangkan alat polymerase chain reaction (PCR) sendiri untuk melakukan tes Covid-19. Hal itu disampaikan media pemerintah pada Senin, 23 Agustus 2021, ketika Korea Utara meningkatkan upaya untuk mencegah jenis Covid-19 yang lebih menular.

Korea Utara mengembangkan peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk melakukan tes COVID-19, kata media pemerintah Rodong Sinmun pada Senin (23/8/2021). Kabar itu disampaikan di saat Korea Utara meningkatkan upaya mencegah masuknya mutasi virus corona baru yang lebih menular.

Korea Utara yang menjadi negara terisolasi itu belum mengkonfirmasi satu pun kasus Covid-19, namun telah menutup perbatasan hingga membatasi pejalanan dan memberlakukan tindakan pencegahan yang ketat. Dirangkum dari idn poker “Sebagai bagian dari upaya anti-virus, para ilmuwan dan teknisi di Akademi Ilmu Pengetahuan Negara telah mengembangkan sistem PCR yang memenuhi standar global untuk pertama kalinya,” kata Rodong Sinmun, surat kabar Partai Buruh yang berkuasa.

1. Pencapaian baru
Wow! Korea Utara Kembangkan Alat PCR COVID-19

Pengembangan alat tes PCR lokal itu dipandangan sebagai pencapaian baru di dalam negeri. Sebab, upaya itu dilakukan sesuai perintah pemimpin Kim Jong Un.

Kim menyatakan keinginan agar negaranya mulai menciptakan mesin, peralatan dan bahan-bahan lainnya di dalam negeri. Sebab, Korea Utara mengalami kesulitan akibat sanksi internasional dan penutupan perbatasan yang secara tajam mengurangi perdagangan.

2. Korea Utara belum laporkan kasus COVID-19
Wow! Korea Utara Kembangkan Alat PCR COVID-19

Meski terus berinovasi terkait berbagai hal seputar COVID-19, Korea Utara mengaku belum mengkonfirmasi kasus virus corona hingga saat ini.

Namun sejak lama, negara ini telah menutup perbatasan, membatasi perjalanan dan memberlakukan tindakan pencegahan yang ketat.

Selain itu, Korea Utara dilaporkan telah menjalankan tes PCR sebagai metode diagnostik standar COVID-19 yang diakui secara internasional. Tetapi dalam hal ini negara menerima bantuan dari luar, termasuk dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

3. Mencegah varian baru
Wow! Korea Utara Kembangkan Alat PCR COVID-19Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri penyelesaian pabrik pupuk bersama adik perempuannya Kim Yo-jong di sebuah wilayah di bagian utara ibukota, Pyongyang. Gambar disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), pada 2 Mei 2020.

Kantor berita resmi KCNA juga mengatakan, Korea Utara meningkatkan pertempurannya melawan virus, untuk mencegah varian Delta dan Lambda yang sangat menular yang menyebar di seluruh dunia.

“Rencana sedang dilakukan untuk menormalkan desinfeksi dan mencegah pergerakan orang dan persediaan yang tidak teratur di kantor dan tempat kerja, sementara pendidikan dan kontrol sedang diintensifkan untuk memastikan semua orang mematuhi aturan termasuk mengenakan masker di ruang publik,”