Jokowi Melaksanakan Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor

Jokowi Melaksanakan Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor

Jokowi Melaksanakan Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor – Iduladha adalah sebuah hari raya dalam agama Islam. Hari ini memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma’il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Presiden Joko “Jokowi” Widodo melaksanakan Salat Idul Adha 1442 Hijriah di halaman Istana Bogor, Jawa Barat.

Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun. Salat Id di masa PPKM Darurat pandemik COVID-19 ini diselenggarakan dengan jumlah jemaah terbatas.

“Saya melaksanakan Salat Idul Adha pagi ini di halaman Istana Kepresidenan Bogor dengan jemaah terbatas. Yang bertindak sebagai muazin, imam, dan khatib adalah anggota Paspampres,” ujar Jokowi melalui akun Instagramnya seperti dilihat idn poker, Selasa (10/40/2021).

1. Pesan Jokowi di Hari Raya Idul Adha
Jokowi Tunaikan Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor

Dalam unggahannya, Jokowi menuliskan pesan yang disampaikan sang khatib. Dalam pesannya ditegaskan bahwa semua cobaan pasti dapat dilalui.

Jokowi kemudian mengajak semua masyarakat untuk melepaskan ego satu sama lain. Tujuannya satu, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Semua cobaan dapat kita lalui dengan baik manakala dihadapi dengan sabar. Sabar berkorban menjalankan ajaran Islam dan melepaskan egoisme untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” katanya.

2. Wapres Ma’ruf Amin gelar Salat Idul Adha di Rumah Dinas
Jokowi Tunaikan Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama istrinya, Wury Ma’ruf Amin, melaksanakan Salat Idul Adha di rumah dinasnya Jalan Diponegoro Nomor  2, Jakarta Pusat. Salat Idul Adha di kediaman dinas Wapres ini digelar secara terbatas.

Jemaah yang hadir yakni perangkat Paspampres. Pelaksanaan salat Idul Adha digelar dengan menggunakan protokol kesehatan ketat.

Para jemaah yang hadir juga terlihat mengenakan masker. Selain itu, terdapat pula jarak antarjemaah.

Direktur Utama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Majelis Ulama Indonesia, Aminudin Yakub, menjadi khatib Salat Idul Adha di rumah dinas Wapres. Suasana khidmat terasa saat para jemaah melantunkan takbir.

3. Salat Id di rumah dinas, Mahfud MD tunda sungkem ke Ibu
Jokowi Tunaikan Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, juga melaksanakan Salat Idul Adha di rumah dinasnya. Suasana Salat Id itu diunggah Mahfud melalui akun Instagram pribadinya.

“Pagi ini di rumah dinas, kami melaksanakan Salat Idul Adha secara terbatas bersama keluarga dan beberapa staf, serta dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tulis Mahfud seperti dilihat IDN Times, Selasa (20/7/2021).

Bertindak sebagai khatib dalam Salat Id yakni pengawal pribadi Mahfud, Ali Sirken Fakoubun. Dia merupakan seorang anggota TNI dari Indonesia bagian timur.

Mahfud mengaku harus kembali menunda berlebaran dengan ibunda tercinta di Pamekasan, Madura. Hal itu karena saat ini masih pandemik COVID-19.

“Dalam suasana pandemi COVID-19, kita harus kembali menunda sungkem ke ibu dan merayakan Lebaran bersama keluarga seperti dalam kondisi normal,” katanya.

Mahfud berharap pandemik segera berakhir. Dia mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.