Diplomat Jerman yang Menjabat Dubes di China Meninggal Dunia

Diplomat Jerman yang Menjabat Dubes di China Meninggal Dunia

Diplomat Jerman yang Menjabat Dubes di China Meninggal Dunia – Duta besar Jerman untuk China, Jan Hecker, meninggal dunia mendadak, hanya beberapa hari setelah menjabat, demikian keterangan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Jerman. Hecker, 54 tahun, sebelumnya dikenal sebagai penasihat kebijakan kanselir Jerman, Angela Merkel. Ia menyerahkan surat kepercayaan kepada pemerintah China pada 24 Agustus. Sejauh ini, sebab kematian belum bisa dipastikan, kata kantor berita Reuters.

Kabar duka datang dari China, ketika diplomat Jerman yang menjabat sebagai duta besar (dubes) untuk negara tersebut meninggal dunia. Nama dubes Jerman untuk China itu Jan Hecker dan berusia 54 tahun. Hecker datang ke ke Kementrian Luar Negeri China di Beijing pada 24 Agustus lalu untuk menunjukkan surat penugasannya secara resmi setelah dia memasuki negara itu pada 1 Agustus.

Tapi kurang dari dua minggu dirinya berkantor, Kementrian Luar Negeri Jerman mengabarkan pada hari Senin (6/9) bahwa “dengan kesedihan dan kekecewaan yang mendalam kami mengetahui kematian mendadak duta besar Jerman di China,” katanya dalam sebuah pernyataan.

1. Pemerintah China terkejut atas kematian Dubes Jerman

Di depan kantor kedutaan di Beijing, bendera Jerman dan Uni Eropa (UE) berkibar setengah tiang. Itu adalah tanda kesedihan dan penghormatan atas meninggalnya Jan Hecker.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri China, Wang Wenbing di Beijing menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas kematian tersebut. Dilansir dari Reuters, dalam konferensi persnya, dia mengatakan bahwa “kami terkejut mengetahui tentang kematian mendadak Duta Besar Hecker, yang telah bekerja secara aktif untuk mempromosikan hubungan China-Jerman sejak menduduki jabatannya.”

Pemerintah China mengabarkan bahwa Beijing akan memberikan bantuan untuk keluarga Hecker dan kedutaan.

2. Salah satu orang kepercayaan Kanselir Angela Merkel

Menurut The Guardian, Jan Hecker adalah salah satu orang kepercayaan Kanselir Angela Merkel. Dirinya pernah bekerja sebagai penasihat kebijakan luar negeri.

Ketika UE menghadapi krisis pengungsi pada tahun 2015, Hecker berperan penting. Dia mencoba mewujudkan rencana Kanselir untuk bisa menerima ratusan ribu pencari suaka dengan moto “Wir schaffen das” (Kita bisa melakukan ini).

Pada hari Jumat (3/9), Hecker masih menggelar acara tentang seniman Jerman Joseph Beuys di rumahnya. Seorang tamu yang sempat hadir di acara itu mengatakan bahwa sang tuan rumah terlihat “baik-baik saja” ketika acara berlangsung.

Angle Merkel dalam salah satu pernyataan mengatakan “saya sangat terguncang dengan kematian Jan Hecker. Saya berduka untuk seorang penasihat kemanusiaan dengan keahlian yang luar biasa yang telah lama dihargai.

“Simpati terdalam saya untuk istrinya, anak-anaknya dan orang-orang terkasih lainnya dalam kesedihan mereka yang tak terukur.”

3. Kematian Hecker tidak berhubungan dengan pekerjaan profesionalnya

Rincian sekitar kematian yang mengejutkan Jan Hecker belum diberitahukan secara publik. Namun dilansir dari Deutsche Welle, kematian dubes Jerman itu dipastikan tidak terkait dengan pekerjaan profesionalnya sebagai diplomat.

Menteri Luar Negeri Jerman yang bernama Heiko Mass mengatakan “berdasarkan keadaan kematiannya, kami tidak memiliki indikasi bahwa kematian Jan Hecker sama sekali terkait dengan peran profesionalnya sebagai duta besar Jerman di Beijing.”

Meski begitu, sampai saatu ini belum ada rincian mengenai penyebab kematian Jan Hecker, seorang sarjana hukum yang lahir di kota Kiel, Jerman utara pada tahun 1967 lalu. Dia meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Untuk sementara, tugas dubes Jerman untuk China akan dipegang oleh Frank Ruckert, wakil Jan Hecker. Kanselir Merkel mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan dirinya “sangat terpukul dengan meninggalnya Jan Hecker”.

Ia menggambarkan Hecker sebagai penasihat ulung yang sangat piawai.Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, menyampaikan dukacita saat ditanya mengenai kematian mendadak Hecker.

“Kami terkejut mendengar kabar Dubes Hecker yang meninggal dunia mendadak … ia sangat aktif mendorong kerja sama China-Jerman sejak memulai jabatannya,” kata Wang Wenbin, dalam keterangan pers berkala.