Afghanistan Akan Segera Dipimpin Oleh Hibatullah Akhundzada

Afghanistan Akan Segera Dipimpin Oleh Hibatullah Akhundzada

Afghanistan Akan Segera Dipimpin Oleh Hibatullah Akhundzada – Mawlawi  Hibatullah Akhundzada adalah seorang pemimpin politik dan agama yang menjadi Panglima Tertinggi Taliban ketiga. Ia secara hormat diberikan gelar Emir-al-Mumineen (Panglima Iman) oleh Taliban yang juga merupakan gelar yang diberikan kepada dua pendahulunya.

Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada dikabarkan akan menjadi pemimpin pemerintahan baru Afghanistan. Taliban akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya dalam beberapa hari ke depan.

Sejauh ini, ada sejumlah nama yang diprediksi menjadi kandidat kuat pemimpin pemerintahan. Selain Akhundzada, ada pula nama salah satu pendiri Taliban, Abdul Ghani Baradar dan anak sulung pendiri Taliban Mohammed Yaqoob.

1. Taliban Segera deklarasikan susunan kabinet pemerintahan
Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada Disebut Akan Pimpin Afghanistan

Samangani mengatakan mereka telah menyelesaikan pembahasan tentang susunan pemerintahan baru Afghanistan. Dia juga menyebut Taliban akan segera mengumumkan pemerintahan baru itu dalam hitungan hari, bukan pekan.

ToloNews juga melaporkan Taliban sudah menunjuk orang-orang yang akan mengisi posisi gubernur, kepala polisi untuk tingkat provinsi dan distrik.

Pada pekan sebelumnya, juru bicara utama Taliban Zabihullah Mujahid menyebut proses penyusunan kabinet itu hampir rampung. Menurutnya, Taliban telah menunjuk pejabat untuk menjalankan lembaga-lembaga utama, termasuk kementerian kesehatan dan pendidikan masyarakat dan bank sentral.

2. Orang-orang dari pemerintahan lama Afghanistan akan terdepak
Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada Disebut Akan Pimpin Afghanistan

Diberitakan sebelumnya, tidak ada kemungkinan Taliban melantik pejabat dari pemerintahan sebelumnya meskipun telah berulang kali mengatakan akan mencari pemerintahan yang komprehensif.

“Orang-orang kami telah berjuang selama 20 tahun. Mereka emosional dan tidak akan menerima orang luar. Ini akan memakan waktu untuk mengubah mentalitas orang-orang kami sehingga orang lain dapat diakomodasi,” ujar sumber anonim Nikkei Asia, yang merupakan salah satu dari pimpinan senior Taliban.

Kabinet baru pemerintahan Afghanistan diperkirakan akan diisi oleh para pemimpin dan dan anggota dewan syura Taliban. Petinggi Taliban itu menyebut hampir seluruh anggota dewan syura, yang berjumlah 26 orang, akan dilantik ke dalam kabinet.

3. Tidak akan ada perempuan dalam kabinet
Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada Disebut Akan Pimpin Afghanistan

Belum ada pernyataan resmi dari juru bicara Taliban tentang perempuan sebagai calon pengisi kabinet. Selama ini, Taliban selalu disorot tentang ideologinya yang menyebabkan sejumlah pembatasan terhadap peran dan aktivitas perempuan.

Meski demikian, sumber anonim Nikkei memastikan perempuan tidak akan dimasukkan dalam kabinet pertama Taliban kali ini. “Tetapi kemungkinan ini tidak dapat dikesampingkan di masa depan,” tambahnya.

Gerakan Taliban, sering disebut hanya sebagai Taliban atau Taleban , para anggotanya menyebut organisasinya secara resmi sebagai Keamiran Islam Afganistan, adalah gerakan nasionalis Islam Deobandi pendukung Pashtun yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001 serta kembali menguasai Afganistan pada 2021.

Saat ini, Taliban adalah satu dari dua entitas politik yang sama-sama mengklaim sebagai pemerintah yang sah atas Afganistan di samping pihak Republik. Beberapa negara dan organisasi internasional mencap gerakan ini sebagai organisasi teroris.